Cerita Gus Ipang Soal Respons Ainun Najib Namanya Disebut Presiden Jokowi

Senin, 31 Januari 2022 - 23:28 WIB
loading...
Cerita Gus Ipang Soal Respons Ainun Najib Namanya Disebut Presiden Jokowi
Pendiri KawalCovid19 Ainun Najib berfoto bersama Ustaz Yusuf Mansur. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pasca disebut namanya disebut oleh Presiden Joko Widodo pada pengukuhan pengurus NU, Ainun Najib pun bertanya-tanya. Hal ini disampaikan Salah satu muda tokoh NU yang juga cicit Pendiri NU Irfan Asy'ari Sudirman Wahid atau akrab disapa Gus Ipang Wahid.Dia mengaku Ainun Najib menelponnya seusairamai soal namanya disebut Presiden Jokowi.

”Tadi mas Ainun telepon saya juga. Telepon nanyaGus Ipang ini ada apa kok sampai begini?Ya saya ceritain latar belakangnya begini begini. ‘Oh gitu, saya juga kaget tiba-tiba nama saya disebut. Ya saya bilang ya mungkin presiden merasa bahwa kepengurusan ini minim milenial atau anak-anak muda yang progresif,” katanya saat dihubungi, Senin (31/1/2022).

Dia mengatakan saat ini tantangan NU kan ke depan lumayan berat. Ipang mengaku sudah sejak sebulan lalu sudah mengingatkan Ketua Umum PBNUYahya Cholil Staquf(Gus Yahya) dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) terkait tantangan mendatang bagi NU. Utamanya tantangan di sektor teknologi digital.

”Gus Yahya dan Gus Ipul bahwa tantangan kita kedepan ini bukan hanya ngomongin keagamaan atau masalah sosial. Tapi yang terbesar ini justru adalah kesejahteraan yaitu ekonomi,” ujarnya.

”Kenapa? Karena ekonomi sekarang ini lagi mulai transisi untuk masuk ke ranah ekonomi digital. Ya kan? Transformasi digital, bagaimana kita membuat kemandirian pesantren berbasis ekonomi. Bagaimana dakwah itu bisa dioptimalkan melalui digitalisasi yang tepat,” ungkapnya.

”Medsos dalam hal ini misalnya.Nah atau keuangan digital, ngomongin blockchain, ngomongin kripto, ngomongin segala macam. Semua hal itu kan sama Pak Jokowi selalu dibahas dan diangkat,” paparnya.

Terkait hal tersebut Ipang menyampaikan bahwa bagi Ainun memperbaiki hal tersebut tidak parsial. Dimana selain harus komprehensif juga harus menjadi salah satu visi dari kepengurusan.“Tadi Mas Ainun juga nanya‘kalau saya dikontak saya mesti bilang apa?’Ya saya jawab terserahnjenengan, menurut njenengan gimana,” ungkapnya.

”Ya kata Mas Ainun ya memperbaiki ini kan tidak bisa parsial, ini yang harus strategic.Artinya apakah ini menjadi visi besarnya dari kepengurusan sekarang, saya kan engga tahu, kata Mas Ainun.Kalau memperbaiki sekali lagi memang tidak bisa parsial harus yang komprehensif semuanya jadi satu,” jelasnya.

Ipang sendiri mengaku mengenal Ainun sejak lama. Dia mengatakan bahwa Ainun adalah salah satu nama yang diusulkannya kepada Gus Yahya dan Gus Ipul.Sehingga menurutnya menjadi hal yang lucu ketika Presiden Jokowi juga menyebut nama Ainun.

”Dan yang paling lucu adalah nama mas Ainun itu termasuk yang saya usulkan ke Gus Ipul. Ada Mas Ainus, ada Mas Achmad Zaky Bukalapak, ada Prof Nadir, ada foundernya Aruna. Atau misalnya kalau ngomongin tentang untuk yg startup tech itu saya mention nama Pandu Sjahrir. Untuk ngomongin digital yang, dakwah digital ada Gus Miftah,” ujarnya.

”Nah sayangnya semuanya tidak ada yang masuk. Kan kita sendiri juga sedih mba. Maksudnya ini tantangan terbesar adalah ini, dan NU kok kelihatannya menganggap ini ya biasa-biasa saja. Jadi bagi saya worry lah, concern lah tentang itu,” lanjutnya.

Dia mengatakan bahwa dari 30 ketua harian tidak ada yang kuat merepresentasikan bidang digital. ”Nah kenapa saya mengatakan ini ya karena pendirian NU tiga orang. Tiga-tiganya itu mbah buyut saya semua. Jadi menurut saya wajar mengkritisi ini,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)