Bukan Jenjang Sekolah, Ternyata Tingkatan Pramuka Berdasarkan Usia

Senin, 10 Januari 2022 - 09:26 WIB
loading...
A A A
Tingkatan Pramuka Penggalang ini memiliki anggota dengan usia 11-15 tahun. Istilah penggalang ini merujuk pada penggalangan perjuangan rakyat Indonesia untuk mempersatukan diri supaya mencapai kemerdekaan dalam peristiwa bersejarah yang bernama sumpah pemuda.
Satuan terkecil dalam tingkatan pramuka penggalang disebut dengan nama regu. Satuan beberapa regu disebut dengan pasukan. Satu regu terdiri atas 5-10 anggota pramuka penggalang. Setiap regu penggalang dipimpin seorang pemimpin regu atau pinru. Para pemimpin regu memiliki pemimpin regu utama yang dikenal dengan nama pratama.

Seperti halnya pramuka siaga, tingkatan pramuka penggalang terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu penggalang ramu, rakit, dan terap.



3. Pramuka Penegak

Bukan Jenjang Sekolah, Ternyata Tingkatan Pramuka Berdasarkan Usia

Anggota Pramuka Tingkat Penegak. Foto/ist

Tingkatan Pramuka Penegak ini anggota yang berusia 16-20 tahun. Secara umum usia tersebut masuk pada masa social atau yang biasa disebut juga masa remaja awal yaitu, masa pencarian jati diri, memiliki semangat yang kuat.

Kepenegakkan merupakan latihan ke arah kemandirian dan tidak menjadi beban orang lain, persaudaraan bakti, mendidik diri sendiri dengan menambah kecakapan sebagai bekal pengabdian yang berguna bagi masyarakat, memiliki ciri hidup dengan berpedoman Trisatya dan Dasadarma.

Tingkatan pramuka penegak terbagi menjadi dua tingkatan, yaitu penegak bantara dan penegak laksana.

4. Pramuka Pandega

Bukan Jenjang Sekolah, Ternyata Tingkatan Pramuka Berdasarkan Usia

Anggota Pramuka Tingkat Pandega. Foto/ist
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)