Fahri Hamzah Sebut Standar Etika Pejabat Menurun, Tak Tahu Beda Urusan Negara dan Pribadi

Minggu, 07 November 2021 - 07:26 WIB
loading...
Fahri Hamzah Sebut Standar Etika Pejabat Menurun, Tak Tahu Beda Urusan Negara dan Pribadi
Mantan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyebut standar etika pejabat pada saat ini mulai menurun. Mereka tidak dapat membedakan persoalan negara dengan pribadi. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyebut standar etika pejabat pada saat ini mulai menurun. Mereka tidak dapat membedakan persoalan negara dengan pribadi.

"Standar etika pejabat negara menurun, tidak bisa membedakan mana negara mana pasar, mana pribadi mana publik dan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dalam jabatan," tulis Fahri di akun Twitter resminya, @Fahrihamzah dikutip, Minggu (07/11/2021).

Ia menilai jubir-jubir saat ini berkeliaran tanpa pengetahuan dan tidak dapat membedakan antara lembaga dan individu.

"Jubir-jubir berkeliaran tanpa pengetahuan. Tambah runyam pengertian tidak paham mana institusi mana personal," kata Wakil Ketua Umum DPN Partai Gelora ini.

Baca juga: Ada di Lingkaran Bisnis PCR, Luhut: Memberi, Tangan Kiri Tak Perlu Tahu

Tidak diketahui pasti cuit itu ditujukan untuk siapa. Namun yang sedang menjadi perbincangan publik adalah informasi terkait Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang berbisnis PCR. Luhut disebut memiliki saham di PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) yang menjalankan usaha PCR.

Juru Bicara Luhut, Jodi Mahardi mengakui adanya kepemilikan saham di PT GSI. Namun Luhut disebut tidak pernah sedikit pun mengambil keuntungan pribadi dari bisnis yang dijalankan PT GSI. Partisipasi yang diberikan melalui Toba Bumi Energi merupakan wujud bantuan yang diinisiasi oleh rekan-rekannya dari Grup Indika, Adaro, Northstar, dan lain-lain untuk membantu penyediaan fasilitas tes COVID-19 dengan kapasitas yang besar. Bantuan melalui perusahaan tersebut merupakan upaya keterbukaan yang dilakukan sejak awal.

Luhut juga turut menepis tudingan atas pengambilan untung atas bisnis yang dijalankan oleh PT GSI dan menyebutkan perannya dalam membantu penyediaan tes Covid-19 salam skala besar.

"Sejujurnya saya tidak pernah terbiasa untuk pamer untuk melaporkan atau menunjukkan segala bentuk perbuatan yang bersifat donasi seperti ini karena bagi saya jika tangan kanan memberi, tangan kiri tak perlu tahu," kata Menko Luhut Binsar dalam postingan instagram story pribadi, dikutip Jumat (5/11/2022).

Baca juga: Luhut Tegaskan Tak Pernah Ambil Untung dari Bisnis PT GSI
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)