Pahlawan Tanpa Panggung dan Jubah

Jum'at, 05 November 2021 - 22:25 WIB
loading...
A A A
"Stigma yang negatif tentang perawat Covid-19 mulai dari diusir dari rumah kontrakan, kemudian anak dari perawat juga diasingkan dengan anak tetangganya," kata Nurdiansyah, perawat yang turut menangani pasien Covid-19 di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Minggu (19/4/2020).

Ujian berat bernama pandemi Covid ini tak cuma meluluhlantakkan sektor kesehatan. Ekonomi juga terpuruk. Pandemi telah menjadikan semua aktivitas nyaris berubah total. Tak urung pertumbuhan ekonomi Indonesia turut melambat.

Data Kementerian Keuangan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Q1-2021 terkontraksi 0,7% karena dipengaruhi oleh kenaikan Covid-19 setelah periode Nataru. Kemudian pertumbuhan ekonomi Q2-2021 menguat 7,1% ketika kasus Covid-19 terkendali. Pertumbuhan Q3-2021 kembali mengalami perlambatan ke 3,5% karena adanya lonjakan kasus varian Delta.

Obat Ampuh Bernama Pentahelix

Tidak ada satu pun negara digdaya melawan virus. Mereka yang berlabel adikuasa pun tumbang. Amerika Serikat mencatatkan rekor sebagai negara dengan jumlah kasus positif Covid-19 dan kematian terbanyak di dunia, berdasarkan data worldometer.

Begitu pula Rusia, India, Brasil, Prancis hingga Inggris, semuanya menghadapi masalah sama: menyelamatkan warga negara yang terpapar, sekaligus mencegah orang sehat tak terinfeksi. Problematika senada yang juga mesti dihadapi Indonesia.

Pandemi tak dimungkiri sempat membuat Tanah Air limbung. Penyebaran yang begitu cepat menjadikan semua orang tergagap-gagap pada mulanya. Rumah sakit, tenaga kesehatan, dan pemerintah pusat pontang-panting menangani.

Pahlawan Tanpa Panggung dan Jubah


Namun, gerak cepat pemerintah terbukti ampuh untuk mencegah wabah menjalar lebih luas. Selain protap standar berupa tracing, test dan treatment atau 3T yang diiringi seruan penerapan protokol kesehatan, pemerintah segera safari mencari vaksin.

Sejarah itu tercipta pada Rabu 13 Januari 2021. Presiden Jokowi menjadi orang pertama disuntik vaksin Covid-19 di Istana Negara, Jakarta. Suntikan ini sekaligus menandai dimulainya vaksinasi nasional untuk memutus matarantai penyebaran virus Corona sekaligus mengejar tercapainya kekebalan komunal atau herd immunity.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2720 seconds (0.1#10.140)