Kekerasan Polisi dan Rasisme di AS

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:24 WIB
loading...
A A A
Salah satu alasan yang kemudian diterima adalah alasan rasisme. Kepolisian di AS cenderung lebih memilih agresif terhadap kulit hitam apabila mereka menghadapi situasi sulit atau tidak pasti dibandingkan dengan kulit putih. Hal ini ditandai dengan tingginya korban kulit hitam.

Korban-korban kulit hitam itu yang ditembak polisi dan umumnya menghasilkan kemarahan dan protes luar biasa dari masyarakat AS. Bahkan, kerusuhan seperti yang terjadi pada 1992 biasanya dikarenakan hal-hal sepele. Apabila mengikuti kasus-kasus kulit hitam yang terbunuh seperti Michael Brown, Erick Garner, John Crawford, Ezzel Ford, Samuel DuBose, Laquan McDonald, dan lain-lainnya, termasuk George Floyd, Anda akan menemukan bahwa kasus-kasusnya sangat ringan tetapi polisinya bertindak berlebihan.

Contoh kasus John Crawford yang ditembak mati di Wallmart karena sedang memegang senjata mainan di toko mainan. Dia ditembak polisi karena ada seseorang yang melapor ke 911. Pelapor menyatakan John Crawford sedang menodong senjata ke pengunjung toko. Pendapatnya ini kemudian diubah setelah dia sendiri melihat dalam video di toko itu bahwa John tidak menodongkan senjata ke siapa pun.

Kasus-kasus seperti John ini menimbulkan kemarahan karena umumnya polisi yang membunuh bebas dari hukuman, baik melalui pengadilan atau pun tidak. Seandainya pun disidang, mereka tidak mendapatkan hukuman yang adil.

Kemarahan-kemarahan itu yang kemudian berakumulasi sehingga mudah meledak dan berujung kerusuhan. Pada saat kerusuhan, maka banyak kelompok dengan kepentingan lain ikut disebut keterlibatannya, baik dari kelompok ekstrem kiri maupun kanan.

Satu hal yang setidaknya dapat kita simpulkan dari kejadian di AS adalah bahwa masalah struktural seperti rasisme, intoleransi, juga pelanggaran HAM tidak bisa selesai dengan mengandalkan naiknya seorang tokoh pemimpin. Masalah seperti ini tumbuh di dalam masyarakat dan menajam seiring dengan relasi sosial antarmasyarakat. Alhasil, harus masyarakatnya sendiri yang mengorganisir gerakan untuk menekan rasa curiga, diskriminasi, intoleransi, dan aneka praduga yang berujung pada tindakan semena-mena tanpa dasar itu.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)