Ongkos Sosio-Kultural Era New Normal

Selasa, 02 Juni 2020 - 09:08 WIB
loading...
A A A
Halal bihalal dengan kebersamaan yang membahagiakan hanya bisa dilakukan secara virtual. Di Banyuwangi, masyarakat Desa Olehsari, Kecamatan Glagah terpaksa hanya menggelar Ritual Seblang secara terbatas dan tanpa pengunjung. Padahal, tradisi ritual Bulan Syawal yang bertujuan untuk menjauhkan warga dari pagebluk itu biasa ditonton oleh ribuan orang. Tahun ini, ritual hanya disaksikan 28 orang perangkat pemerintahan dan tokoh masyarakat, serta hanya melakukan tradisi intinya saja. Tarian oleh gadis terpilih yang dirasuki roh leluhur hingga trance (kesurupan) dengan iringan 28 gending pun ditiadakan (Jawapos, 31/05).

Dalam hal tata krama, sudah menjadi kelaziman bahwa jabat tangan adalah wujud kedekatan (intimacy) dan penghormatan (respect) manakala satu orang bertemu dengan orang yang lain. Kebiasaan seorang anak yang mencium tangan orang tua ketika bersalaman, bahkan sudah menjadi “ajaran” ketatasusilaan dan kesopanan dalam hubungan anak muda kepada orang dewasa, tanpa memandang suku dan agama. Namun saat ini kebiasaan itu harus “hilang”. Norma standar kesantunan pun terpaksa direduksi secara sadar.

Wujud penghormatan kepada orang lain secara simbolik seperti di atas, mungkin harus dipikirkan “substitusi”-nya. Karena meskipun kita sudah berada di jaman canggih, era millenial, abad futuristik atau apapun namanya, ada sisi-sisi sosial,moral, tata krama dan tradisi yang tak bisa dieliminasi begitu saja. Apalagi masalah religi. Penyesuaian cara beribadah tentu dimungkinkan, tapi bagaimana dengan anjuran memakmurkan tempat ibadah dan merapatkan shaf misalnya? Apakah kedaruratan yang sifatnya temporer akan menjadi permanensial? Wallahu a’lam. Tergantung pada panjang pendeknya siklus pandemi untuk sampai kembali ke taraf anggapan “normal”.

Merawat Esensi

Apa konsekuensi tak terbayarnya ongkos sosio-kultural di atas? Ketercerabutan generasi dari ikhwal asal muasal tradisi, bisa menjadi ajang pertaruhan bagi pembentukan karakter asli negeri ini. Sebab, kendati beberapa tradisi tak bisa dilepaskan dari unsur mistisisme dan kepercayaan pada dunia gaib, harus diakui bahwa maksud, tujuan dan harapan yang dipanjatkan melalui seremoni-seremoni tradisi itu adalah hal yang baik. Yang mengingatkan kita semua bahwa selalu ada entitas Yang Maha Kuasa atas segala upaya.

Berbagai tradisi sosial serta ritus kultural juga senantiasa mengingatkan kita bahwa menghormati orang tua, menghargai sesama manusia dengan agama dan kepercayaannya masing-masing, merupakan hal dasar yang sangat hakiki sebagai dasar kerukunan dan kebahagiaan hidup bersama di dunia. Secanggih dan semaju apapun dunia itu. Karena kesadaran akan hal-hal di atas akan selalu mengarahkan kita kepada kemajuan yang humanis, fungsional, memudahkan, tanpa tujuan yang anarkis dan tendensi penguasaan yang eksploratif untuk kepentingan diri sendiri.

Jika kita ingat makna tradisi-tradisi “ruwat bumi” misalnya, maka sehebat apapun generasi nanti, maka unsur pelestarian alam dan semesta tetap akan menjadi “roh” dalam penciptaanpenciptaan inovasi teknologi dan strategi. Demikianlah. Semoga ongkos sosial dan kultural menuju era normal baru ini tak terlampau mahal harganya. Terjangkau oleh kemampuan kita, sehingga kita tak perlu melihat bahwa generasi masa nanti akan menjadi generasi yang saling curiga akibat minimnya kepercayaan sosial, dan menjadi generasi yang lupa akan akar tradisi serta basic religi.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)