Sejumlah Komitmen KKP Wujudkan Pengelolaan Perikanan di Indonesia

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 13:16 WIB
loading...
A A A
belum rapi sehingga mempengaruhi efektifitas pengelolaan. Prinsip perikanan berkelanjutan, dimana ekologi, ekonomi dan social menjadi komitmen dan fokus.

"Penangkapan terukur diharapkan dapat mengoptimalkan fungsi ekonomi maupun pengendalian ekologi lingkungan laut. Untuk menunjang ini, Harvest Strategy dan Rencana Pengelolaan Perikanan (RPP) merupakan hal strategis dalam pengelolaan. Pengembangan pelabuhan akan menjadi hal penting. Akan dilakukan juga semua tata kelola perikanan di KKP," ujar Zaini.

Ia menambahkan, estimasi potensi, alokasi pusat dan daerah, peluang pemanfaatan, alokasi usaha GT dan unit kapal, rencana pengembangan kapal perikanan dan pelabuhan, multiplier efek menjadi perhatian.

Akan dilakukan pengawasan yang ketat termasuk penggunaan teknologi satelit dan peralatan lainnya. Kapal-kapal akan diwajibkan mendarat di WPP terkait dan hanya akan di satu WPP, sehingga bisa dipantau dan terukur dengan baik.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Riset SDM KKP, Kusdiantoro menekankan, pentingnya kolaborasi untuk penyediaan data dan informasi untuk para pemangku kepentingan, termasuk internal KKP. Ia mengatakan, E-BRPL untuk pengumpulan data elektronik dapat mendukung pengkajian stok.

Selanjutnya, Director for Sustainable Fisheries Program, Dr. Peter Mous, Direktur, menekankan pentingnya melakukan pendataan bersama nelayan yang didukung oleh berbagai teknologi, termasuk citra satelit untuk fishing ground, komposisi penangkapan, dan kapal-kapal aktif. Pengukuran panjang dan berat ikan jugapenting dilakukan untuk mengetahui distribusi ukuran ikan dan kematangan.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)