Emansipatoris dalam Berkemanusiaan

Selasa, 10 Agustus 2021 - 15:40 WIB
loading...
A A A
Kemerdekaan yang ada dalam diri kita, harus menjadi cambuk untuk keluar dari belenggu bencana kemanusiaan tak berkesudahan ini. Rakyat bantu rakyat. Itu adalah ungkapan yang tepat sebagai langkah awal memulai emansipatoris kemanusiaan kita. Tidak peduli apa, siapa dan bagaimana, kita harus saling menguatkan satu sama lain. Saling hibur, saling menebar energi positif dan saling menjaga harapan bahwa kita mampu melewatinya.

Dalam menjadi manusia kita harus mengemansipasi rasa kemanusiaan kita. Mencoba menempatkan seandainya saya menjadi dia, maka saya akan melakukan dan tidak boleh melakukan ini dan itu, adalah bentuk empati termudah namun butuh asah sepanjang usia.

Emansipasi membutuhkan daya juang dan trigger yang tepat sepanjang sejarah emansipasi dimulai. cukupkan kondisi pelik ini sebagai pemicu untuk kita bergerak bersama. Tentu dalam hal kemanusiaan, pemerintah dan pejabat publik sekalipun adalah manusia yang menghendaki rasa kemanusiaan kita terus bermetamorfosa, menjadi lebih sempurna.

Sejatinya, diri manusia memiliki kecenderungan kepada yang hanief. Terus pada kecenderungan untuk berbuat baik. Maka mulailah dari kemanusiaan kita terlebih dahulu. Emansipasi akan terus berlangsung sepanjang sejarah manusia yang mengkehendaki kemerdekaan dari belenggu apapun juga. Termasuk dogma dan belenggu yang memenjarakan kemanusiaan itu sendiri.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)