Gelar Honoris Causa Doni Monardo Dipertimbangkan IPB Selama Setahun

Sabtu, 27 Maret 2021 - 10:25 WIB
loading...
Gelar Honoris Causa Doni Monardo Dipertimbangkan IPB Selama Setahun
Rektor IPB Arif Satria mengungkapkan gelar honor causa untuk Kepala BNPB Doni Monardo dikaji selama setahun. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo resmi menyandang gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) .

Pemberian doktor Honoris Causa Letjen Doni Monardo ini tertuang dalam keputusan senat akademik Institut Pertanian Bogor Nomor 21/IT3.SA/PT/2020 tentang persetujuan pemberian gelar doktor kehormatan Doktor honoris causa kepada Letnan Jenderal TNI Doni monardo.



Rektor IPB Arif Satria dalam sambutannya mengungkapkan letak argumen mengapa IPB memberikan Doktor kehormatan Doktor honoris causa kepada Letjen TNI Doni monardo terutama berkaitan dengan isu-isu lingkungan.

Arif juga mengatakan bahwa IPB sudah memiliki kriteria pemberian gelar doktor kehormatan honoris causa. “Dan ini bisa kita wujudkan pada hari ini mengingat bahwa IPB dapat memberikan gelar doktor kehormatan kepada warga negara Indonesia dan warga negara asing dengan kriteria syarat bahwa PBB memiliki fakultas atau program studi yang menyelenggarakan bidang ilmu pengetahuan yang sama atau relevan dengan bidang ilmu pengetahuan yang menjadi ruang lingkup karya atau jasa bagi calon penerima gelar doktor kehormatan,” dalam sambutannya, Sabtu (27/3/2021).

Selain itu, Arif mengatakan bahwa IPB juga menyelenggarakan program doktor yang sama atau relevan dengan bidang ilmu pengetahuan yang menjadi ruang lingkup karya bagi calon penerima gelar doktor kehormatan.

Pertimbangan lainnya yakni IPB memiliki paling sedikit dua orang guru besar, Profesor tetap dalam bidang sebagaimana dimaksud. “Selanjutnya juga dijelaskan bahwa IPB memberikan gelar doktor kehormatan kepada perseorangan yang memiliki karya yang luar biasa di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan sosial budaya kemanusiaan dan kemasyarakatan untuk pembangunan dalam arti luas,” kata Arif.



Selain itu, Arif mengatakan bahwa pengabdian dari Doni Monardo sangat berarti bagi pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi sangat bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan umat manusia. “Luar biasa dalam mengembangkan hubungan baik dan manfaat antar bangsa dan negara Indonesia dengan bangsa dan negara lain di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sosial, budaya kemanusiaan dan kemasyarakatan,” ungkapnya.

Arif mengatakan bahwa IPB telah mempertimbangkan pemberian gelar ini selama 1 tahun lamanya. “Oleh karena itu pada tanggal 20 November 2020, IPB setelah menimbang melalui proses yang sangat panjang, proses kurang lebih 1 tahun mengkaji sepak terjang Bapak Letjen Doni Monardo dalam dalam karya-karyanya di lapangan untuk pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam,” katanya.

“Maka pada tahun 2020 akan memberikan persetujuan pemberian gelar doktor kehormatan Doktor honoris causa kepada Letjen TNI Doni monardo dalam bidang ilmu pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan,” ungkap Arif.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)