Doni Monardo Terima Gelar Kehormatan Honoris Causa dari IPB

Sabtu, 27 Maret 2021 - 09:05 WIB
loading...
Doni Monardo Terima Gelar Kehormatan Honoris Causa dari IPB
Kepala BNPB Doni Monardo gelar kehormatan honoris causa dari IPB pagi ini. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) hari ini. Rencana pemberian gelar Honoris Causa kepada Doni Monardo telah diputuskan dalam Rapat Pleno Senat Akademik (SA) IPB pada Oktober 2020.

“Pemberian gelar ini sesuai dengan Peraturan Senat Akademik IPB Nomor 05/2015 tentang Pemberian Gelar Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) di Lingkungan IPB,” dikutip dari laman resmi IPB, Sabtu (27/3/2021).



Doni Monardo dinilai pantas memperoleh pengakuan dan penghargaan atas karya, prestasi, dedikasi, dan kontribusi yang luar biasa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta atas pengabdian dan jasanya yang luar biasa bagi kemajuan pendidikan, pembangunan dalam arti luas, dan kemanusiaan.

IPB menilai ada lima aksi Doni Monardo yang dinilai luar biasa sehingga berhak menerima gelar honoris causa ini. Pertama, membangkitkan kepedulian lingkungan dan memberikan pelatihan keterampilan (environmental awareness and training).



Kedua, memobilisasi sumber daya (resource mobilization) dan membangun jejaring kerja kolaborasi (pentahelix). Ketiga, memulihkan dan merehabilitasi keanekaragaman hayati spesies dan ekosistem. Keempat, membangun kolaborasi penegakan hukum. Dan kelima, melakukan advokasi kebijakan.

Doni Monardo yang kini juga menjadi Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 juga memiliki rekam jejak karir yang panjang. Bahkan, selama berkarir dirinya juga memberikan kontribusi nyata dalam kegiatan pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Salah satunya ketika dia menjabat sebagai Pangdam Siliwangi (2017-2018) dengan program Citarum Harum.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2611 seconds (0.1#10.140)