6 Fakta Menarik Doni Monardo, Pernah Jabat Danpaspampres hingga Kepala BNPB

Rabu, 06 Desember 2023 - 10:55 WIB
loading...
6 Fakta Menarik Doni Monardo, Pernah Jabat Danpaspampres hingga Kepala BNPB
Doni Monardo merupakan salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI yang telah banyak menjabat posisi strategis. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Letjen TNI (Purn.) Doni Monardo memiliki sejumlah fakta menarik semasa hidupnya. Dia merupakan salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI yang telah banyak menjabat posisi strategis.

Doni Monardo meninggal dunia di RS Siloam pada Minggu, 3 Desember 2023. Dia dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, pada Senin, 4 Desember 2023.

Menurut mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, sosok Doni Monardo adalah purnawirawan yang punya jati diri dan prestasi luar biasa ketika masih berdinas. Sedangkan bagi KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, sosok Doni adalah senior yang dihormati karena telah banyak mengabdikan dirinya pada negara dan bangsa.

6 Fakta Menarik Doni Monardo


1. Pemuda Asal Minang


Meskipun lahir di Cimahi, Jawa Barat pada 10 Mei 1963, Doni rupanya memiliki darah minang dari sang ayah yang berasal dari Lintau, Kabupaten Tanah Datar. Sementara ibunya berasal dari Nagari Sungai Tarab, Tanah Datar, Sumatera Barat.



Karena ayahnya seorang prajurit TNI, Doni harus tinggal berpindah-pindah sejak kecil. Awalnya dia menghabiskan masa kanak-kanak di Aceh, kemudian sempat berpindah ke Padang hingga lulus SMA.

2. Mengikuti Jejak sang Ayah


Doni pada akhirnya mengikuti jejak sang ayah untuk berkarir di militer. Dia berhasil masuk Akademi Militer dan lulus pada tahun 1985.

Selama kurang lebih 36 tahun Doni berkarier menjalankan penugasan. Ia pernah berdinas di Banten, Bali, Aceh, Jakarta, Sulawesi Selatan, Bogor, Maluku, dan Jawa Barat. Penugasan luar negerinya juga termasuk menonjol.

3. Pernah Ikut Operasi Pembebasan Kapal dari Perompak Somalia


Pada tahun 2011, ketika dirinya masih menjabat sebagai Wadanjen Kopassus, Doni sempat terlibat langsung dalam operasi pembebasan Kapal Sinar Kudus yang dibajak oleh perompak di Perairan Somalia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)