Jejak Politik Anak-Anak Amien Rais

Minggu, 14 Maret 2021 - 06:16 WIB
loading...
A A A
Hanum Rais. Foto/Tangkapan layar YouTubeIslamic Montessori Indonesia

Hanum Rais merupakan anak kedua Amien Rais. Hanum lahir di Yogyakarta, 12 April 1982. Perempuan yang meraih gelar Dokter Gigi dari FKG Universitas Gadjah Mada ini awalnya dikenal sebagai sebagai presenter.

Kemudian, Hanum dikenal sebagai seorang penulis yang sejumlah karyanya di-film-kan. Tahun 2010, Hanum menerbitkan buku berjudul Menapak Jejak Amien Rais: Persembahan Seorang Putri untuk Ayah Tercinta.

Istri dari Rangga Almahendra ini juga menerbitkan novel Berjalan di Atas Cahaya dan 99 Cahaya di Langit Eropa yang kemudian diadaptasi menjadi film 99 Cahaya di Langit Eropa dan 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2.

Pada akhir Juli 2018, Hanum Rais bikin heboh setelah turut mendorong Ustaz Abdul Somad (UAS) sebagai calon wakil presiden (cawapres), mendampingi Prabowo Subianto. Hal ini menyusul hasil Ijtima' Ulama dan Tokoh Nasional Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama yang merekomendasikan Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Al-Jufri dan Ustaz Abdul Somad menjadi cawapres di Pilpres 2019, mendampingi Prabowo.

"Marilah kita berbondong-bondong meyakinkan @ustadzabdulsomad bahwa dirinya diperlukan oleh bangsa, tidak hanya sebagai guru, namun pemimpin bangsa. Tarikh menorehkan cerita, Abu Bakar maupun Umar juga sebelumnya menolak jabatan yang diberikan pada mereka hingga mereka akhirnya menjadi umara panutan. Keulamaan dan kepemimpinan bersanding manis dalam era tersebut. Sejatinya politik dan agama memang sebuah kesatuan. Rasulullah pun telah menjadikan dirinya teladan sebagai pemimpin dan ulama terbaik sepanjang masa.

Kesempatan tidak akan datang berulang. Kehadiran UAS di tengah bangsa ini boleh jadi adalah kesempatan yang Allah berikan untuk kita. Mudah-mudahan Allah mengijabahi lewat dukungan seluruh elemen bangsa dan umat di Indonesia.

Wallahu a’lam bissshhawaab
#ustadzabdulsomad #cawapres let’s make #somadeffect everywhere!" demikian dikutip dari akun Instagram Hanum Rais.

Namun, harapan Hanum Rais kala itu tidak menjadi nyata. Pada akhirnya, Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Salahuddin Uno. Pasangan Prabowo-Sandi kalah dari Jokowi-Ma'ruf Amin.

Di sisi lain, Hanum yang mencalonkan diri sebagai anggota DPRD DIY dari Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Pemilu Legislatif yang digelar serentak dengan Pilpres 2019, menuai sukses. Maju dari Dapil DIY 6, Hanum sukses terpilih sebagai anggota DPRD DIY. Pada 2 September 2019, Hanum dilantik.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)