Risma-Sandi di Kabinet Bisa Pulihkan Citra PDIP dan Gerindra

loading...
Risma-Sandi di Kabinet Bisa Pulihkan Citra PDIP dan Gerindra
Kinerja Sandiaga Uno dan Tri Rismaharini sebagai menteri diharapkan bisa memulihkan citra PDIP dan Gerindra yang menurun gara-gara kasus korupsi kadernya. Foto/dok.setpres
JAKARTA - Sekali mendayung satu dua pulau terlampaui. Perumpamaan itu untuk menggambarkan langkah Presiden Jokowi yang merombak kabinet dengan memasukan dua kader partai yang tengah memiliki hubungan harmonis yakni, Tri Rismaharini (Risma) dan Sandiaga Uno (Sandi) dalam keanggotaan kabinet Indonesia Maju.

"Selain alasan kinerja, Risma diharapkan bisa memulihkan citra PDIP begitupun dengan sandi yang dinilai bisa memulihkan citra Gerindra kembali," jelas analis politik asal UIN Jakarta, Adi Prayitno saat dihubungi SINDOnews, Kamis (24/12/2020).

(Baca: Sandi dan Risma Masuk Kabinet, Bakal Muncul Perang Bintang Menuju 2024)

Adi mengatakan kondisi itu tak berlebihan. Sebelum reshuffle kabinet dilakukan, dua partai penguasa yakni PDIP dan Gerindra dirundung citra yang negatif karena kasus dugaan korupsi yang menjerat dua kader partai itu yaitu, Juliari Batubara dan Edhy Prabowo oleh KPK.

Sehingga, Adi meyakini, hadirnya Risma dan Sandi untuk memperbaiki citra dua partai tersebut. Di sisi lain, jabatan menteri yang diemban keduanya juga bisa menjadi panggung politik.



(Baca: Reshuffle Kabinet, Jokowi Munculkan Banyak Kandidat di Pilpres 2024)

"Jika bekerja baik, 2 sosok ini bisa ramaikan Pilpres 2024. Tapi sebaliknya, jika kinerjanya tak performa Risma atau sandi mesti mengubur lebih cepat mimpin indah maju Pilpres," kta Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top