Komunitas Agama dan Ormas Diminta Aktif Kampanyekan Penanganan Covid-19

Kamis, 26 November 2020 - 08:10 WIB
loading...
A A A
“Kami berharap semakin banyak komunitas di masyarakat yang bisa tergerak untuk bekerja sama dengan pemerintah, untuk sama-sama membangun kedisiplinan masyarakat yang dapat dimulai dari lingkungan masing-masing. Kami tekankan, Satgas Covid-19 terbuka dengan semua kerja sama, khususnya terkait untuk menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan," ujar Wiku saat memberi keterangan pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Kantor Presiden, Selasa (24/11), yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Selain itu, secara rutin Satgas Covid-19 pusat berkomunikasi dengan satgas Covid-19 di setiap daerah dan selalu menekankan prinsip nondiskriminatif, sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana dalam melakukan penanganan pandemi Covid-19, satgas daerah harus berprinsip teguh untuk melakukan upaya pengendalian tanpa pandang bulu. Termasuk saat melakukan penjaringan kasus dengan melakukan testing (pemeriksaan) dan tracing (pelacakan) terhadap siapa pun yang mengikuti kegiatan kerumunan. (Lihat videonya: KPK Tangkap Menteri KKP Edhy Prabowo di Bandara Soekarno-Hatta)

Saat ini, beberapa daerah sedang melakukan penjaringan dan Satgas pusat masih memantau perkembangannya. Bukti konkret yang dilakukan Satgas adalah membantu memenuhi ketersediaan alat rapid test dan swab antigen. Mirisnya, kebanyakan penderita Covid-19 tidak bergejala biasanya berusia muda dan memiliki potensi menularkan kepada orang di sekitarnya, termasuk di rumahnya.

“Untuk itu, para orang tua, pihak RT/RW setempat diminta menyampaikan pesan kepada kaum muda yang berpartisipasi dalam kegiatan kerumunan agar mau mengikuti tes pemeriksaan. Ingat, seseorang yang terlihat sehat bukan berarti mereka terbebas dari Covid-19 karena ada kasus positif yang tidak menampakkan gejala apa pun," ucap Wiku. (Binti Mufarida)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)