Merengkuh Keselarasan Kehidupan Bersama

Kamis, 19 November 2020 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Konteks ruang dan waktu menjadi strategi cerdik dalam menerobos beragamnya kondisi sosial-budaya yang seolah-olah menjadi cair dan abstrak. Dalam konteks ini, dikotomi-dikotomi yang sering kali dipahami secara tegas perbedaannya dapat disiasati dengan jalan tengah atau bahkan ruang pertemuannya secara harmonis dan selaras. Pemahaman semacam ini barangkali dapat menjadi pertimbangan dalam memberikan ruang sinkronisasi dari berbagai macam kondisi sosial-budaya yang berbeda secara lebih luas dalam pengelolaan kehidupan bersama yang selaras dan harmonis.

Pengelolaan kehidupan bersama secara selaras dan harmonis perlu dihadirkan kembali melalui transformasi cerdik agar warna khas kebijaksanaan tata-kelola kehidupan bangsa ini memperoleh ruang relatif seimbang. Bahkan menjadi bingkai utama dalam mengelola berbagai perjumpaan dan pergumulan. Penghayatan terhadap nuansa keselarasan dan keharmonisan kehidupan bersama dapat melalui internalisasi kekhasan pengelolaan kehidupan bersama yang mengedepankan relasi selaras antara manusia dengan sesama, dengan alam, dan dengan Sang Pencipta.

Catatan dan Refleksi Bersama
Pengelolaan kehidupan yang selaras dan harmonis dalam konteks kehidupan global sering kali terabaikan ketika arus utama kompetisi dan persaingan memperoleh ruang yang relatif lebar. Berbagai aspek kehidupan justru saling bersaing dan berkompetisi untuk meraih kepentingannya masing-masing dan relatif abai bahwa keberadaannya sebenarnya saling terajut dan saling menopang agar cita-cita atau mimpi bersama dalam pencapaian kehidupan yang harmonis dan selaras dapat terwujud. Dalam konteks ini, penghayatan dalam pencapaian kehidupan bersama yang harmonis relatif masih bisa dirasakan dalam batasan ruang lingkup kehidupan sehari-hari kita.

Berpijak pada konteks kehidupan keluarga dan dusun atau kampung, pemahaman tentang kehidupan bersama yang akan diraih membutuhkan keberanian untuk melakukan strategi-strategi cerdik dalam proses sinkronisasi yang harmonis antar aspek dan elemen kehidupan. Dengan demikian, strategi pengelolaan keselarasan dan sinkronisasi lingkup kehidupan keluarga ataupun kampung dapat diacu dalam konteks kehidupan yang lebih luas untuk mengonstruksi keterkaitan dan rajutan berbagai aspek dan elemen kehidupan agar tercipta kehidupan bersama secara harmonis dan selaras.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)