Soal Habib Rizieq Shihab, Cak Nun Pernah Berkomentar Begini

Jum'at, 13 November 2020 - 18:49 WIB
loading...
Soal Habib Rizieq Shihab, Cak Nun Pernah Berkomentar Begini
Emha Ainun Najib alias Cak Nun mengungkapkan Rizieq Shihab kebih cocok disebut seorang syarif, keturunan Rasulullah dari garis Husein bin Ali bin Abu Thalib. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Budayawan Emha Ainun Najib pernah mengutarakan pendapatnya soal Habib Rizieq Shihab. Tetapi bukan mengenai apa yang diperjuangkan, melainkan soal sebutan “Habib”. Menurut Cak Nun, panggilan akrabnya, imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu kurang tepat disebut Habib.

Dalam sebuah video yang diunggah dalam akun Youtube Qahar Quotes, pada Kamis (12/11) kemarin, Cak Nun mengungkap istilah gelar yang dianggap pantas untuk disandang oleh orang nomor satu di FPI itu.

"Padahal yang mimpin 212 dan 411, siapa? Habib Rizieq, padahal dia itu bukan habib, dia itu 'Syarif' Rizieq," kata Si Kiai Mbeling itu dalam video yang dikutip Jumat (13/11/2020).

(Baca: Tentara yang Sambut Habib Rizieq Dilepas, Netizen: Alhamdulillah...)

Dia menjelaskan alasan sebutan syarif lebih cocok dikenakan pada Rizieq Shihab. Menurut Cak Nun, gelar syarif ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki keturunan dari Sayyidina Husein. Sementara bagi mereka yang memiliki keturunan dari Sayyidina Hasan bin Ali, gelar yang disandang adalah Sayyid. "Nah saya kalo manggil Rizieq itu 'Rif, Syarif gitu'. Memang dia seorang Syarif," ujar Cak Nun.

Cak Nun mengatakan sebutan habib tidak ada hubungannya dengan dzurriyatul Rasul atau keturunan nabi.

"Habib dari jazirah Arab itu adalah orang-orang dari Yaman dan negara-negara pinggiran yang datang ke Mekkkah atau Madinah untuk mencari Rasulullah. Mereka sangat kagum dan sangat mencintai Rasulullah sehingga disebut Habib, seorang yang cinta kepada Rasulullah. Nah, habib itu yang dari sana," pungkasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)