Bakal Ada Posisi Majelis Syura di Partai Ummat?

loading...
Bakal Ada Posisi Majelis Syura di Partai Ummat?
Berembus kabar akan ada posisi Majelis Syura dalam struktur Partai Ummat. Foto/Tangkapan layar YouTube Amien Rais Official
A+ A-
JAKARTA - Partai Ummat belum resmi dideklarasikan. Berembus kabar akan ada posisi Majelis Syura dalam struktur partai baru M Amien Rais tersebut.

Perihal adanya posisi Majelis Syura Partai Ummat tersebut terungkap dalam perbincangan Trio Loyalis Amien Rais yakni Agung Mozin, Putra Jaya Husin, dan Chandra Tirta Wijaya dalam Channel YouTube Terminal Amien Rais.

Dalam tayangan tersebut, Agung Mozin bertanya soal penentuan ketua DPD Partai Ummat setelah nanti resmi dideklarasikan. "Penentuan ketua DPD, itu apakah masih tetap menjadi kewenangan pusat atau provinsi?" tanya Agung Mozin dalam video berjudul Persiapan Deklarasi Partai Ummat tersebut.

Putra Jaya Husin menjelaskan, berdasarkan diskusi mengenai Anggaran Dasar Partai kewenangannya ada di DPW yang berkonsultasi dengan Pusat (DPP). "Jadi ini kita gunakan budaya konsultasi agar power itu tidak tergenggam di satu titik, untuk mencegah penyalahgunaan wewenang," ujarnya.



(Baca juga: Muncul Usulan Gatot Nurmantyo-Hanafi Rais Pimpin Partai Ummat, Ini Respons Loyalis Amien Rais).

Putra Jaya lalu menjelaskan, jika ingin memutuskan DPC, DPD berkonsultasi ke Provinsi (DPW). Mau memutuskan DPD, DPW berkonsultasi dengan Pusat (DPP). "Mau memutuskan DPW, DPP berkonsultasi dengan Majelis Syura. Supaya tidak tunggal kekuasaan. Karena kecenderungan, kalau kekuasaan itu terpusat, maka ada kecenderungan penyalahgunaan wewenang seperti pengalaman-pengalaman di partai-partai yang lain, itu yang kita hindari, agar ada proses musyawarah, diskusi, dan konsultasi sebelum pengambilan keputusan," jelasnya.

(Baca juga: Ditanya Soal Duet Gatot-Hanafi di Partai Ummat, Jubir PAN Bilang Begini).



Dikonfirmasi terkait posisi Majelis Syura ini, Chandra Tirta Wijaya kepada SINDOnews pada Selasa 27 Oktober 2020 mengakui dari drafnya memang ada posisi seperti Majelis Syura. "Nanti apakah akan diputuskan seperti itu ada atau tidak mungkin dirembukkan oleh pendiri. Banyak yang masih berkembang," ujarnya saat ditanya apakah posisi itu akan ditempati oleh Amien Rais.

Diketahui, Partai Ummat rencananya dideklarasikan pada Desember 2020. Partai Ummat berasaskan Islam Rahmatan Lil 'Alamin. Partai yang dibidani Amien Rais dan para loyalisnya ini memiliki tagline 'Lawan Kezaliman' dan 'Tegakkan Keadilan'.
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top