Respons Pandemi Corona, Aktivis 10 Rumah Aman Galang Bantuan Sembako

Kamis, 07 Mei 2020 - 21:01 WIB
loading...
Respons Pandemi Corona, Aktivis 10 Rumah Aman Galang Bantuan Sembako
Aktivis 10 Rumah Aman, Ronaldo Marcofan Basten mengatakan, pihaknya terus menghimpun penggalangan dana dalam bentuk sembako, untuk penanganan corona ini. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Episentrum pandemi virus Corona atau Covid-19 berada di DKI Jakarta, maka wajar ketika semua pihak melakukan gerakan peduli Corona banyak dilakukan di Ibu Kota ini. Tak terkecuali dengan yang dilakukan oleh Program 10 Rumah Aman yang melakukan banyak aksi peduli corona.

Aktivis 10 Rumah Aman, Ronaldo Marcofan Basten mengatakan, pihaknya terus menghimpun penggalangan dana dalam bentuk sembako, untuk penanganan pandemi corona ini.

"Kami merespons berbagai hal menyangkut penanganan pandemi Covid-19. Kami tergerak untuk menggalang bantuan sembako bagi warga terdampak," ucap Ronaldo yang juga Korwil The Jakmania Kebagusan, Jakarta Selatan.
Respons Pandemi Corona, Aktivis 10 Rumah Aman Galang Bantuan Sembako

Hal tersebut dikatakan Ronado, pelaksanaan penggalangan bantuan ini dilakukan sesuai dengan momentum bersamaan Milad 1 Tahun The Jakmania Kebagusan. Menurutnya, dalam merespons kebijakan pemerintah terkait penanganan Covid-19, perayaan tersebut dilakukan dengan #DiRumahSaja.

"Meski demikian, nilainya tetap luar biasa dengan amal sembako yang digalang 227 anggota aktifnya. Sembako ini nantinya dikumpulkan melalui iuran anggotanya dengan nilai minimal Rp40 Ribu per orang," katanya.

Sembari menyiapkan amal, The Jakmania Kebagusan pun terus menjalankan program 10 Rumah Aman. Bahu membahu bersama warga Kebagusan 1, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, The Jakmania Kebagusan rutin melakukan penyemprotan disinfektan. Lokasi penyemprotannya ada di 4 Rukun Tetangga (RT). Mulai RT 04 hingga RT 07 yang masuk area Rukun Warga (RW) 01.

Penyemprotan dilakukan 27 orang The Jakmania Kebagusan. Komposisinya, ada 7 orang pengurus The Jakmania Kebagusan dan sisanya adalah anggotanya. Selain rumah warga, penyemprotan disinfektan juga menyasar fasilitas umum. Sebut saja, rumah ibadah, sekolah, dan fasilitas publik lainnya. Ronaldo juga menambahkan, warga di tiap RT secara mandiri memiliki peralatannya sendiri.

"Kami ikut membantu penyemprotan disinfektan. Peralatan di sini sangat lengkap. Selain RW, setiap RT juga memiliki peralatannya sendiri. Mereka mandiri dalam pengadaan alat. Selain alat, alat pelindung diri juga tersedia. Pokoknya mereka sudah siap 100% untuk menghentikan pandemi Covid-19. Jakarta akan menjadi kota yang sehat kembali. Zona hijau Covid-19," tegas Ronaldo lagi.

Jakarta memang menjadi episentrum pandemi Covid-19. Mengacu data https://corona.jakarta.go.id/id, Selasa (28/4) malam, jumlah pasien positif Covid-19 mencapai 3.950 orang. Jumlah tersebut memiliki slot 41,5% dari skala nasional. Komposisinya, 51% pasien positif Covid-19 dirawat hingga 9% sembuh. Ada juga 10% yang meninggal, lalu 30% menjalani isolasi mandiri.

"The Jakmania terus memberikan inspirasi. Mereka terus mengamankan wilayahnya masing-masing dari pandemi Covid-19. Lebih dari itu, mereka mengembangkan jiwa solidaritas melalui berbagai aksi amal. Dengan bergotong royong, semua problem pasti akan diselesaikan," tutup Kepala Staf Presiden Moeldoko.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0861 seconds (0.1#10.140)