Kapal BHO untuk Perkuat Pertahanan Laut

Selasa, 15 Oktober 2024 - 05:07 WIB
loading...
Kapal BHO untuk Perkuat...
Ilustrasi: Masyudi/SINDOnews
A A A
TNI Angkatan Laut (AL) tak henti mendapatkan suntikan kekuatan. Terbaru, untuk mewujudkan visi sebagai kesatuan yang yang handal dan disegani, mereka mendapatkan alutsista berupa Kapal Bantu Hidro Oseanografi (BHO/Ocean Going). Kapal hasil kerja sama Kementerian Pertahanan (Kemhan) dengan Abeking & Rassmusen, Jerman diluncurkan pada akhir September 2024 lalu di galangan kapal PT Palindo Marine, di Batam.

baca juga: Membangun Otot TNI AL

Pembangunan kapal BHO (Ocean Going) terbilang sangat cepat. Dimulai dengan kegiatan pemotongan plat pertama (first steel cutting) pada 15 September 2023 dan peletakan lunas (keel laying) pada 14 Desember 2023. Pada 24 September kapal sudah selesai dikerjakan Palindo, pihak yang diserahi Abeking & Rasmussen dengan Ditjen Pothan Kemhan melalui program offset agreement membangun platform.

Namun kapal belum tuntas 100 persen, karena pengerjaan instalasi seluruh peralatan oceanografi, setting to work, dan finalisasi harus dibawa ke galangan kapal Abeking & Rasmussen di Jerman. Staf Ahli Menhan Bidang Ekonomi Mayjen TNI Steverly C Parengkuan yang memimpin Launching Ceremony Kapal BHO (Ocean Going) di Dermaga PT Palindo Marine menyebut kontrak pembangunan kapal BHO (Ocean Going) ini merupakan wujud kontribusi Kemhan dalam mendukung kemandirian industri pertahanan dalam negeri, meningkatkan laju perekonomian nasional, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Letjen TNI (Purn) Yoedi Swastanto, Wadan Pushidrosal Laksma TNI Ronny Saleh, Kadisadal Laksma TNI Ifa Djaya Sakti, CEO Abeking & Rasmussen Matthias Hellman dan Direktur Palindo Charles Wirawan serta tamu undangan. Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Budi Purwanto yang dibacakan oleh Wadan Pushidrosal mengungkapkan kegembiraannya atas penambahan alutsista untuk kesatuannya.

Dia menandaskan, keberadaan alutsista dengan teknologi canggih menjadi komponen utama yang harus diprioritaskan dalam pelaksaaan tugas operasi. ā€˜ā€™Tanpa dukungan alutsista yang memadai, operasi survei dan pemetaan tidak akan berjalan maksimal. Saya sangat mengapresiasi kepada pihak yang terkait dalam pembangungan kapal BHO (Ocean Going) terutama kepada Kemhan yang terus mendorong pengembangan teknologi dan infrastruktur maritim,ā€ ujar Komandan Pushidrosal.

Sebagai informasi, Kapal BHO (Ocean Going) memiliki fungsi utama untuk melaksanakan survei dan pemetaan di pesisir pantai, laut dangkal, hingga samudera, menggunakan teknologi survei beresolusi tinggi. Dibekali sensor penginderaan bawah air canggih, kapal ini dapat mencapai kedalaman antara 600 meter hingga 11.000 meter. Dengan kemampuan seperti ini, kapal BHO (Ocean Going) dapat digunakan mendukung kegiatan pencarian objek di bawah permukaan laut, terutama dalam situasi darurat.

Selain itu, untuk mendukung operasional, dilengkapi geladak heli berkapasitas maksimum 12 ton MTOW, meriam 20mm dan 12,7mm, teknologi surveillance, manuver, dan station keeping andal. Kapal yang didesain dengan struktur high tensile steel, berbobot total 3.419 ton ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 16 knot, bisa mengangkut tambahan beban sebesar 200 ton, memiliki endurance 60 hari, dan mampu mengangkut 90 personel dengan menggunakan sistem pendorongan hybrid.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali seperti dikutip kantor berita Antara (25/06/2024) menyebut TNI AL memproyeksikan ada tambahan kapal bantu hidro-oseanografi setiap tahun dengan mempertimbangkan kemampuan anggaran. Jika tidak memungkinkan, TNI AL berencana menambah sensor untuk dipasang pada kapal-kapal lama. Disebutkan, pada 2024 ini, TNI AL menunggu dua tambahan kapal bantu hidro-oseanografi buatan Inggris dan Jerman yang bekerja sama dengan galangan kapal dalam negeri.

Kapal buatan Jerman itu merujuk pada kapal BHO (Ocean Going) yang dibangun Palindo bekerja sama dengan Abeking & Rasmussen. Adapun kapal buatan Inggris merujuk pada SRVS (submarine rescue vehicle system) buatan buatan perusahaan Inggris, Submarine Manufacturing & Products (SMP), yang pengadaannya bekerja sama dengan PT BTI Indo Tekno. Pengadaan SRVS itu mencakup pembelian SRVS mencakup satu unit kapal selam penyelamat (SRV-F Mk.3), satu unit mothership dan kelengkapan lainnya (decompression chamber, launch and recovery system, air transportability equipment, dan remotely operated vehicle).

baca juga: TNI AL Merajut Asa untuk Indonesia Emas

Akuisisi kapal BHO sebenarnya bukan kali ini saja. Sebelumnya, Pushidrosal tercatat memiliki KRI Pulau Rote (721), KRI Pulau Romang (723), KRI Pulau Rempang (729) (purna tugas), KRI Dewa Kembar (932), KRI Rigel (933), KRI Spica (934), KRI Pollux (935), KRI Aries, dan KRI Vega. Untuk KRI Rigel dan KRI Spica merupakan kapal buatan OCEA, Les Sables-dā€™Olonne, Prancis. Berdasar penelurusan lain, Pushidrosal juga memiliki KRI Leuser (942) yang merupakan kapal BHO multiguna yang dilenglapi peralatan survey berkempuan ocean going survey.

Jika dilihat, kapal BHO yang telah dimiliki Pushidrosal terbilang banyak. Padahal fungsinya hanya untuk survey. Secara awam, daripada menumpuk kapal survei, apa tidak mending dibelikan kapal perang saja. Namun, keputusan Kemhan untuk memperkuat Pushidrosal serta harapan TNI AL untuk memperkuat kapal BHO plus SRVS pasti dilatari pertimbangan strategis. Lantas, kira-kira apa fungsi strategis kapal HBO sehingga kuantitas dan kwalitas kapal terus ditingkatkan?

Peran Pushidrosal

Tanggal 13 September 2016 menjadi hari bersejarah pada Pushidrosal. Momentum terjadi saat TNI AL melalui Kepala Staf TNI AL Laksmana TNI Ade Supandi mengukuhkan Pushidrosal dipimpin seorang kepala berpangkat bintang dua (laksamana muda). Artikel ā€˜ā€™Sejarah Panjang Pushidrosal Menuju Lembaga Hidrografi-Profesionalā€™ā€™ yang dimuat https://maritimnews.com menyebut, kebijakan ini menandai semangat Pushidrosal menjadi lembaga hidrografi profesional kebanggaan bangsa Indonesia dan peran yang semakin penting ke depan, termasuk terkait visi poros maritim dunia dan tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Secara sederhana, Poros Maritim dimaksudnya sebagai konsep geopolitik yang menekankan pentingnya laut sebagai sumber daya strategis bagi Indonesia. Sedangkan Tol Laut digambarkan sebagai konsep pengangkutan logistik kelautan di Indonesia, dengan arah mewujudkan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok dengan biaya murah, hingga harga barang-barang menjadi turun.

Karena itu Pushidrosal terus berbenah untuk menjadi lembaga hidrografi profesional kebanggaan bangsa Indonesia. Visi ini memerlukan data hidrografi dan oseanografi yang akurat. Oleh karena itu Pushidrosal terus berbenah untuk menjadi lembaga hidrografi profesional kebanggaan bangsa Indonesia.

baca juga: Wakasal Sebut 41 Kapal Perang TNI AL Bakal Dimodernisasi

Sejumlah referensi menyebut Pushidrosal yang bermarkas di Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur, Jakarta Utara merupakan Kotama Pembinaan TNI AL yang berada di bawah KSAL. Pasca-validasi organisasi TNI AL berdasarkan Perpres Nomor 62 Tahun 2016 tentang perubahan atas Perpres Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan OrganisasiTNI, Pushidrosal memiliki peran sentral dalam menyelenggarakan pembinaan hidro-oseanografi yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun umum, serta menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut.

Bagi TNI, khususnya TNI AL, peran Pushidrosal sangat strategis untuk menghadapi peperangan modern. Seperti diberitakan www.pushidrosal.id, KSAL Laksamana TNI Dr Muhammad Ali saat memimpin upacara 17-an bulan Mei 2024, di Pushidrosal, yang dibacakan Aslog Danpushidrosal Kolonel Laut (T) Sidyk Wahono menyatakan, tantangan dan risiko tugas TNI AL ke depan akan semakin meningkat.

Dinamika perkembangan lingkungan strategis, baik global, regional, maupun nasional yang sangat cepat dan kompleks, serta perkembangan teknologi menuntut fleksibilitas, kemampuan adaptasi dan ketangguhan luar biasa dari TNI AL untuk mampu bernavigasi pada kondisi yang penuh tantangan. Bernavigasi pada kondisi penuh tantangan ini mensyaratkan peran Pushidrosal.

Sementara itu, Kristiyono Kristiyono dkk dalam ā€˜Peran Nyata Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut dalam Penanggulangan Bencanaā€™ā€™ yang dimuat dalam jurna idu.ac.id/ memaparkan, Pushidrosal bertugas untuk melaksanakan pembinaan hidro-oseanografi dalam rangka mendukung kepentingan TNI maupun kepentingan sipil, serta menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

Dipaparkan, Undang-Undang No 34 tahun 2004 tentang TNI menyebutkan bahwa tugas pokok operasi militer selain perang di antaranya adalah membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan, membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue). Selaras dengan tugas yang diberikan konstitusi kepada TNI, maka Pushidrosal juga mengemban fungsi untuk penanggulangan bencana, baik bencana alam, bencana non alam, dan membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue).

Musibah KRI Nanggala-402 Jangan Terulang

Hari Rabu, 21 April 2021 menjadi hari berkabung bagi TNI AL, khususnya jajaran Satuan Kapal Selam. Betapa tidak, sekitar pukul 03.00 Wita mereka menerima kabar bahwa KRI Nanggala (402) hilang kontak saat sedang melakukan latihan di perairan utara Bali. Hilangnya alutsista buatan Jerman pada 1979 itu berujung duka setelah kapal selam dipastikan tenggelam. 53 orang awak Hiu Kencana yang dipimpin Kolonel Harry Setyawan pun dinyatakan gugur dalam tugas.

baca juga: Prabowo Ingin Jumlah Kapal Perang TNI AL yang Dimodernisasi Bertambah

Dalam pencarian kapal hilang, Indonesia melibatkan kapal milik Angkatan Laut China, yakni Tug Nantuo-195, Rescue Yong Xing Dao-863 dan Tan Suo 2.ug Nantuo-195 dan Xing Dao-863. Masing-masing kapal memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk Tan Suo 2 memiliki kemampuan scientific salvage. Salvage sendiri adalah kemampuan mengangkat benda dari bawah air. Kapal tersebut juga bisa membawa submachical, para expert oceanografi maupun hidrografi. Selain kapal milik China, turut dilibatkan pula MV Swift Rescue milik Singapura.

Tak kalah penting adalah peran KRI Rigel (933). Kapal milik Pushidrosal itu berhasil melakukan pemindaian dengan menggunakan multibeam sonar dan magnetometer, sehingga menghasilkan citra bawah air lebih detail. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kala itu, memastikan citra yang diperoleh KRI Rigel dikonfirmasi sebagai bagian dariKRI Nanggala (402).

Secara detail, bagian kapal selam yang ditemukan berupa kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selang timbul, serta bagian kapal lain termasuk baju keselamatan awak. Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, Panglima TNI menyatakan KRI Nanggala (402)telah tenggelam dan seluruh awaknya gugur.

Berdasar penelusuran, kapal BHO tercatat berperang penting dalam peran search and rescue (SAR) beberapa peristiwa penting di Tanah Air. Peran dimaksud antara lain membantu pencarian jatuhnya pesawat Adam Air di perairan Majene, Sulawesi Barat, pada Januari 2007; pencarian pesawat Boeing 737 MAX 8 PK-LQP milik Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung Karawang (29/10/2018); dan pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Kepulauan Seribu pada Sabtu (09/01/2021).

Musibah pesawat Lion Air di perairan Tanjung Karawang, misalnya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang mengkoordinasi pencarian dibantu TNI AL yang mengerahkan KRISpica (934)dan KRILeuser-924. Berita ā€˜ā€™CVR Lion Air PK LQP Ditemukan, Pengerahan KRI Spica (934) dan KRI Leuser (924) Buahkan Hasilā€™ā€™ yang dirilis www.airspace-review.com menyebutkan, berkat kecanggihan kapal Pushidrosal tersebut membantu menemukan pesawat pada hari keenam dari rencana pencarian selama 7 hari plus 3 apabila belum ditemukan. Tim Penyelam dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Komando Armada I TNI Angkatan Laut yang menindaklanjuti berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder(CVR) pesawat.

Kapal BHO memang sangat bermanfaat untuk melakukan misi search and rescue musibah yang terjadi di lautan. Namun sebetulnya, alutsista jenis tersebut akan lebih bermanfaat untuk fungsi pokok seperti untuk survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun umum, serta menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut. Implementasi fungsi tersebut bisa memitigasi terjadinya musibah seperti dialami KRI Nanggala (402).

Bagaimana bisa? Artikel ā€˜ā€™Internal Wave Perairan Indonesia Tengahā€™ā€™ yang dipublikasi www.indonesiare.co.id mencoba merangkum berbagai pendapat ahli tentang penyebab tenggelamnya KRI Nanggala-402 berdasar karakteristik Laut Bali yang unik baik, dari batimeri dan sifat fisis laut. Secara batimeri, Laut Bali yang merupakan bagian perairan Indonesia tengah diwarnai kontur batimeri dari dangkal ke tinggi yang variatif.

baca juga: KSAL Ungkap Pembangunan Kekuatan Kapal Selam TNI AL Semakin Mendesak

Selain itu, wilayah laut tersebut juga diwarnai dengan terjadinya proses fisis yang unik di perairan tersebut, diantaranya keberadaan arus lintas yang merupakan pertukaran massa air laut Samudera Pasifik dan Samudera Hindia; adanya ocean mixing atau pencampuran fisis antarlapisan air laut yang melibatkan salinitas dan temperatur; serta terjadinya internal wave atau gelombang yang terjadi di badan perairan akibat adanya stratifikasi badan air dan gangguan.

Dari beberapa kondisi fisis tersebut, KRI Nanggala (402) tenggelam diduga akibat internal wave. Pendapat tersebut muncul karena melihat dari singkatnya waktu insiden dan kedalaman ditemukannya kapal selam. Hanya dalam hitungan menit, dihitung sejak terakhir kontak, kapal dapat mencapai kedalaman ratusan meter. Hipotesa yang disampaikan peneliti adalah ada energi yang cukup besar untuk menenggelamkan kapal secara cepat.

Kepada media (28/4/2021), Asrena Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksda TNI Muhammad Ali menyebut tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala (402)diduga karena adanya faktor alam. Disebutkan, saat kapal selam menyelam, yang paling berpengaruh adalah faktor arus bawah laut yang berbeda tergantung kondisinya. Untuk itulah, sebelum melakukan operasi penyelaman, awak kapal selam terlebih dulu melihat panduan untuk menyampaikan kondisi daerah, seperti faktor oseanografi maupun hidrografi.Di antara faktor alam dimaksud adalah internal solitary wave. Mengutip penjelasan beberapa pakar dan ahli oseanografi, (di Laut Bali) ada arus bawah laut yang cukup kuat yang bisa menarik secara vertikal. Sehingga, jatuhnya kapal ke bawah lebih cepat dari umumnya.

Senada, Danseskoal Laksda TNI Iwan Isnurwanto mengungkapkan, berdasar Satelit Himawari-8 milik Jepang dan Satelit Sentinel milik Eropa, pada tanggal 21 April atau tanggal 20 UTC terjadi internal wave di Laut Bali. Arahnya bergerak dari bawah ke utara. "Kalau kita terkena internal wave, maka itu adalah kehendak alam tentunya para prajurit tidak bisa melakukan peran kedaruratan walaupun mereka sudah siap berada di pos tempurnya masing-masing," jelas Iwan.

Sebagai informasi, seperti dipublikasikan www.indonesiare.co.id, internal wavemerupakan gelombang yang terjadi antarlapisan air laut (stratifikasi) akibat adanya gangguan.Stratifikasi lapisan air laut timbul akibat perbedaan massa jenis secara vertikal yang disebabkan perbedaan temperatur dan salinitas. Gaya pembangkit gelombang disebabkan adanya arus yang terjadi di perairan tersebut. Perairan Indonesia tengah yang merupakan salah satu jalur pergerakan Arus Lintas Indonesia (Arlindo) memiliki karakater pasang surut kuat. Variasi morfologi batimetri sill dan palung laut di perairan tersebut menambah faktor munculnyainternal wavekuat terjadi.

Melihat kondisi Laut Bali yang sangat berisiko mengalami internal wave, maka butuh kehati-hatian tinggi bagi awak kapal selam TNI AL sebelum melakukan operasi di wilayah tersebut. Kehati-hatian diwujudkan dengna memantau kondisi laut, di antaranya dengan meminta citra satelit, seperti ditunjukkan Satelit Himawari-8 dan Satelit Sentinel yang mampu menangkap fenomena internal wave. Menurut Asrena Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksda Muhammad Ali, kehadiran kapal BHO sangat dibutuhkan untuk mengetahui kondisi daerah, seperti faktor oseanografi maupun hidrografi.

Selain membantu tugas SAR pada musibah tenggelamnya KRI Nanggala (402), KRI Rigel (933) sejak mulai beroperasi pada 11 Desember 2014 juga telah membantu melakukan tugas-tugas yang dilakukan Pushidrosal. Berdasar data yang dihimpun, tugas yang dilakukan antara lain updating peta laut untuk menjamin keselamatan pelayaran di perairan Selat Malaka dan Selat Singapura (The Joint Hydrographic Survey of The Strait of Malacca and Singapore (SOMS) yang dilakukan bersama Malaysia dan Singapura, dengan pemrakarsa Jepang.

baca juga: TNI AL Siapkan Kapal Rumah Sakit Bantu Perawatan Medis Rakyat Palestina

KRI Rigel (933) juga pernah menjalankan survei di laut dalam di perairan Selat Ombai NTT, dengan kedalaman perairan antara 3000 ā€“ 4000 m. Survei untuk jelas tidak cukup hanya dilakukan di Selat Malaka atau Selat Ombai saja, tapi juga seluruh wilayah laut yang merupakan bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Survei bukan sebatas keselamatan navigasi, termasuk untuk kapal selam, tapi menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut.

Dengan luas wilayah perairan Indonesia, berdasar statistic aset kewilayahan nasional yang mencapai 5,9 juta km2 termasuk Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), maka tidak mungkin hanya di-cover KRI Rigel (933), KRI Spica (934), dan beberapa kapal BHO lain yang sudah dimiliki TNI AL. Penambahan jumlah kapal BHO dengan teknologi lebih canggih dibutuhkan agar survei bisa dilakukan di semua jengkal wilayah laut Indonesia.

Apalagi seperti disampaikan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, tantangan yang dihadapi TNI ke depan akan semakin meningkat, dinamika internasional yang sangat cepat dan kompleks, serta perkembangan teknologi, TNI AL dituntut memiliki fleksibilitas dan kemampuan adaptasi, sehingga mampu bernavigasi pada kondisi yang penuh tantangan. (*)
(hdr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)