TNI AL Siapkan Kapal Rumah Sakit Bantu Perawatan Medis Rakyat Palestina

Kamis, 09 November 2023 - 11:51 WIB
loading...
TNI AL Siapkan Kapal Rumah Sakit Bantu Perawatan Medis Rakyat Palestina
Kapal Rumah Sakit dr Radjiman Wedyodiningrat-992 diserahterimakan dari PT PAL Indonesia kepada TNI AL di Dermaga Bandar Barat Divisi Kapal Niaga PT PAL Indonesia, Jalan Ujung Surabaya, Jawa Timur, Kamis (19/1/2023). FOTO/MPI/ALI MASDUKI
A A A
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut ( TNI AL ) sedangkan mempersiapkan Kapal Bantu Rumah Sakit (KBRS) untuk dikirim ke Palestina . Kapal ini diharapkan dapat memberikan bantuan kemanusiaan bagi para korban perang.

Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops KSAL) Laksamana Muda TNI Denih Hendrata mengatakan, rencana pengiriman kapal rumah sakit sedang dikoordinasikan dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), serta otoritas terkait lainnya.

"Kita akan siapkan jenis Kapal Rumah Sakit, karena ada dua fungsi yang akan nanti kita siapkan, yaitu untuk bentuk bakti kesehatan maupun bakti sosial," kata Denih Hendrata, Kamis (9/11/2023).



Denih menjelaskan, TNI AL menyiapkan kapal Landing Platform Dock atau LPD sebagai kapal bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Namun Denih belum dapat memastikan kapan kapal tersebut berangkat karena pihaknya masih harus menunggu keputusan lebih lanjut.

"Jadi sifatnya kita akan siapkan satu kapal kelas LPD. Dan kemudian nanti kita diberangkatkan atau tidak, menunggu keputusan lebih lanjut, karena AL bertugas untuk menyiapkan dan memberangkatkan saja pada saat ada perintah," ucapnya.

Sebelumnya, Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono mengatakan, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 sedang disiapkan untuk dikirim ke Palestina. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono telah meninjau KRI Radjiman Wedyodiningrat-992 di sela-sela acara penandatanganan nota kesepahaman atau MoU sistem elektronik berkas pidana terpadu atau e-berpadu antara TNI dan Mahkamah Agung (MA), Senin (6/11/2023).



"KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 sebagai salah satu kapal rumah sakit TNI dipersiapkan untuk merawat pengungsi korban perang dan akan bersiaga di perairan sekitar wilayah Gaza, Palestina," kata Julius Widjojono dalam keterangan resminya, Senin (6/11/2023).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)