Mahfud MD: Inti Pertemuan Prabowo-Jokowi Adalah Rekonsiliasi

Sabtu, 13 Juli 2019 - 21:28 WIB
Mahfud MD: Inti Pertemuan Prabowo-Jokowi Adalah Rekonsiliasi
Mahfud MD: Inti Pertemuan Prabowo-Jokowi Adalah Rekonsiliasi
A A A
YOGYAKARTA - Mantan Ketua MK Mahfud MD menilai pertemuan Prabowo dan Jokowi cukup bagus sebagai pesan simbolik. "Saya kira untuk pesan simbolik. Bisa menghilangkan spekulasi atau dorongan-dorongan orang untuk memecah terus kedua tokoh ini," kata Mahfud

Menurut Mahfud, bagaimanapun harus diakui kedua tokoh ini memiliki dukungan rakyat yang cukup besar, cuma salah satunya lebih besar 56% dibanding 44%. Oleh sebab itu harus bersatu.

"Pertemuan itu memberi pesan, kita akan melihat. Kalau ada yang masih mempersoalkan biarin saja, misal kuasa hukum masih menuntut ke MA atau kuasa hukum masih menuntut pelanggaran di MA," jelasnya.

Mahfud menjelaskan pertemuan yang simbolik dihadapkan pada pertanyaan yang baru, apa yang dilakukan berikutnya. Inti dari pertemuan itu rekonsiliasi. Artinya, kembali ke posisi masing-masing sesuai dengan konstitusi dan menghentikan pertikaian politik dalam isu Pilpres 2019.

Pilihannya ada dua yaitu, berkoalisi atau bergabung dengan pemerintah bagi pihak yang kalah atau menjadi pengontrol yakni, oposisi. "Bergabung atau oposisi itu tidak dilarang. Itu tidak melanggar hukum," tegasnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5011 seconds (0.1#10.140)