Mudik Makin Nyaman, Pemerintah dan Polri Bersinergi Sediakan Rest Area Tambahan

Minggu, 07 April 2024 - 15:56 WIB
loading...
A A A
Untuk menertibkan aturan ini, dikatakan Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, pihaknya telah berkoordinasi dengan asosiasi rest area untuk mengatur waktu istirahat para pemudik.

“Nah, kami sudah berkoordinasi dengan asosiasi rest area untuk kita mengatur kita kasih waktu 30 menit istirahat, kita sampaikan kepada masyarakat bahwa gantian masih ada lagi pemudik-pemudik lain yang akan beristirahat atau buang air kecil lah dan mengisi bahan bakar. Kita sampaikan kepada masyarakat bahwa gantian masih ada lagi pemudik-pemudik lain yang akan beristirahat atau buang air kecil lah dan mengisi bahan bakar,” ujar Yusri.

Dia juga menyarankan kepada para pemudik untuk membawa makanan buka puasa agar tidak harus mencari rest area dengan berbuka puasa di dalam kendaraan.

Selain fokus memberikan kenyamanan pada pengendara melalui adanya rest area tambahan dengan berbagai fasilitasnya, Kemenhub juga menyediakan 30.000 unit bus umum dan bus pariwisata dan 113 terminal di seluruh Indonesia, 214 kapal untuk pelayaran ataupun penyeberangan, 107 kapal perintis, 1.200 kapal swasta, 615 kereta api, dan 420 unit pesawat.

Ada juga penerbitan SKB terkait pembatasan angkutan khususnya sumbu 3 pengecualian untuk sembako, kemudian juga bahan bakar dan sebagainya. Kemudian beberapa rekayasa juga dilakukan contohnya contraflow, one way, dan pembatasan kendaraan ganjil genap, termasuk juga sistem ini rekayasa lalu lintas yang akan menuju ke pelabuhan dan penyiapan buffer zone.

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan saldo kartu elektronik telah terisi sesuai dengan kebutuhan, kendaraan dalam kondisi layak jalan, dan tubuh yang prima agar Mudik Ceria Penuh Makna dapat terwujud.
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)