Mudik Makin Nyaman, Pemerintah dan Polri Bersinergi Sediakan Rest Area Tambahan

Minggu, 07 April 2024 - 15:56 WIB
loading...
Mudik Makin Nyaman, Pemerintah dan Polri Bersinergi Sediakan Rest Area Tambahan
Kondisi Rest Area. (Foto: dok Tangkapan Layar YouTube iNews TV)
A A A
JAKARTA - Salah satu tradisi jelang Hari Raya Idulfitri di Indonesia adalah pulang kampung atau mudik untuk berkumpul dengan sanak saudara. Tradisi yang dilakukan setiap tahun ini tentu menjadi perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk terus melakukan perbaikan demi kenyamanan para pemudik.

Pada 2024, diketahui jumlah pemudik naik menjadi 193,6 juta atau meningkat 56 persen. Dengan jumlah yang meningkat cukup tajam ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan kenyaman dan keamanan para pemudik yang harus menempuh perjalanan panjang. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menyediakan rest area tambahan yang tersebar di beberapa titik jalur pemudik, penambahan fasilitas, dan skema-skema untuk mengurai penumpukan kendaraan di rest area.

Dikatakan Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang SDM dan Kehumasan Adita Irawati, pada mudik 2024 kali ini tersedia 59 rest area tambahan untuk mengurai kepadatan di satu tempat juga meminimalisir pengendara beristirahat di bahu jalan.

“Jadi, khususnya untuk operator-operator jasa marga ini, kami mendapat informasi sudah mempersiapkan 59 rest area, ini adalah tambahan yang memang diutamakan untuk kendaraan beristirahat dan penumpangnya buang air kecil,” kata Adita dalam acara iNews Room yang disiarkan langsung pada Kamis (4/4/2024).

Selain itu, Kemenhub bersama Polri dan stakeholder terkait juga akan membuat rekayasa-rekayasa lalu lintas rest area dan buka tutup untuk menghindari penumpukan kendaraan. Buka tutup rest area ini akan dilakukan melalui pengawasan oleh operator jalan tol menggunakan aplikasi atau tools yang telah tersedia. Dengan begitu, nantinya ‘pagar bagus’ yang menjaga pintu masuk dan keluar rest area dapat memberikan informasi kepada pemudik untuk masuk ke dalam rest area berikutnya.

Adita juga mengatakan, bahwa operator jalan tol ini akan memberikan informasi mengenai situasi dan kondisi rest area yang berada di titik selanjutnya, sehingga para pemudik bisa bersiap dari kilometer sebelumnya. Pemerintah bersama Polri dan stakeholder terkait telah menyediakan berbagai opsi untuk memberikan kenyamanan pemudik selama di perjalanan.

“Disarankan, jika memang penuh tidak memaksakan diri untuk masuk ke rest area yang biasanya ada favoritnya. Nah, diupayakan untuk menuju rest area selanjutnya atau salah satu opsi juga rest area di arteri, jadi keluar dulu dari jalan tol untuk masuk ke arteri yang juga sebenarnya sudah banyak sekali disiapkan oleh pemerintah daerah dan juga oleh pihak pemerintah pusat,” tutur Adita.

Pada periode Mudik Ceria Penuh Makna 2024, rest area memiliki tambahan fasilitas berupa posko kesehatan yang dapat membantu pemudik yang mengalami kelelahan agar bisa kembali prima. Tidak hanya itu, operator dari pihak rest area juga akan menambah toilet portable yang mudah dijangkau sebagai solusi penguraian antrean panjang di toilet yang merupakan permasalahan dari tahun ke tahun.

Kenyamanan para peserta mudik ini turut dirasakan oleh para pengguna kendaraan listrik. Pasalnya, tersedia charging station atau SPKLU yang telah diumumkan titik-titik lokasinya oleh Kemenko Marves bersama stakeholders.

Urai Kepadatan Rest Area dan Lalu Lintas
Pemerintah bersama Polri dan stakeholder telah membuat berbagai skema lalu lintas di dalam rest area yang juga bersifat dinamis, di antaranya buka tutup rest area dan pembatasan waktu beristirahat di rest area. Pihak Kepolisian pun terus mengimbau peraturan-peraturan ini kepada masyarakat luas.
Mudik Makin Nyaman, Pemerintah dan Polri Bersinergi Sediakan Rest Area Tambahan

Live iNews Room bersama Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang SDM dan Kehumasan Adita Irawati dan Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus. (Foto: dok Tangkapan Layar YouTube iNews TV)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)