Pengamat: Sirekap Harus Diperkuat untuk Jaga Suara Rakyat di Pemilu 2024

Selasa, 13 Februari 2024 - 15:11 WIB
loading...
A A A
”Kita juga perlu secara berkala melakukan pergantian password dan tidak sembarangan menghubungkan perangkat kita ke akses wifi gratisan serta menggunakan layanan pengisian daya gratis,” ucapnya.

Langkah antisipasi lain yang bisa dilakukan adalah menyiapkan sistem cadangan, sehingga jika sistem utama mengalami kendala maka layanan bisa segera dipulihkan dengan sistem cadangan yang ada, memastikan sistem pemantauan keamanan yang dapat mendeteksi aktivitas mencurigakan atau ancaman serangan siber bekerja dengan baik, selalu melakukan update aplikasi untuk menutup celah keamanan yang sudah diketahui, menggunakan pendekatan multi-layered security dengan menggabungkan berbagai teknologi dan metode keamanan.

”Menerapkan Bussiness Continuity Management (BCM) dan selalu simulasikan prosedur dalam BCM secara berulang-ulang yang bertujuan supaya dikemudian hari tidak terjadi downtime yang membutuhkan waktu penyelesesaian sampai berhari-hari,” katanya.

Tidak hanya itu, memastikan perangkat lunak dan sistem operasi diperbarui dengan patch keamanan terbaru, menggunakan enkripsi untuk melindungi data pemilih dan hasil pemilihan, memanfaatkan digital signature untuk memastikan data yang dikirimkan tidak diubaah di tengah jalan.

Menjaga cadangan data yang aman dan dapat dipulihkan dengan cepat jika diperlukan, meningkatkan kerja sama dengan pihak berwenang internasional untuk bertukar informasi keamanan dan best practice, menerapkan sistem pemantauan keamanan siber yang dapat mendeteksi aktivitas mencurigakan atau serangan siber potensial.

”Termasuk melibatkan pihak ketiga yang ahli dalam keamanan siber untuk melakukan penilaian risiko dan pemeriksaan independen,” katanya.

Mengembangkan rencana pemulihan setelah serangan siber untuk memastikan pemulihan yang cepat dan meminimalkan dampak, menetapkan tim tanggap keamanan khusus yang siap bertindak cepat jika terjadi serangan siber.

”Dan yang tidak kalah penting adalah secara berkala dan terus menerus melakukan assesment terhadap kerawanan serta celah keamanan siber dari sistem yang dimiliki,” ujarnya.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)