9 Komjen Polisi yang Baru Mendapat Pangkatnya di Tahun 2023, Salah Satunya Mantan Kepala Densus 88

Sabtu, 11 Mei 2024 - 07:42 WIB
loading...
9 Komjen Polisi yang...
Komjen Pol Marthinus Hukom mendapatkan pangkat Komjen Polisi ketika mendapat jabatan sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 8 Desember 2023 setelah sebelumnya menduduki posisi Kadensus 88 AT Polri. Foto/Setneg
A A A
JAKARTA - Terdapat sembilan Komjen Polisi atau perwira tinggi (Pati) Polri bintang tiga yang baru mendapatkan pangkatnya pada tahun 2023. Untuk saat ini terdapat total 15 Pati Polri yang telah menyandang pangkat jenderal bintang tiga.

Pangkat Komisaris Jenderal atau Komjen dalam Polri bisa dibilang sebagai pangkat yang tertinggi, karena pangkat Jenderal Polisi hanya dimiliki oleh Pati yang menjabat sebagai Kapolri saja.



Terdapat 15 posisi yang dapat ditempati oleh Komjen Polisi. Tujuh di antaranya berada di struktur organisasi Polri dan sisanya ada di luar struktur organisasi Polri.

9 Komjen Polisi yang Baru Mendapat Pangkatnya di Tahun 2023

1. Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho


Komjen Rudy pada 11 Desember 2023 didapuk sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Dari jabatannya itulah dia naik pangkat menjadi Komjen. Sebelumnya, Rudy merupakan Pati Polri bintang dua atau Irjen yang menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten.

2. Komjen Pol Marthinus Hukom


Alumni Akpol 1991 ini mendapatkan pangkat Komjen Polisi ketika mendapat jabatan sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 8 Desember 2023. Sebelumnya, pria kelahiran 30 Januari 1969 tersebut menduduki posisi Kadensus 88 AT Polri berpangkat Irjen Polisi. Jabatan itu diembannya sejak tahun 2020 lalu.

3. Komjen Pol Putu Jayan Danu Putra


Selanjutnya ada Komjen Putu yang baru mendapatkan pangkat bintang tiga ketika menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara pada 31 Juli 2023. Ketika masih berpangkat Irjen, Putu sempat menduduki posisi Kapolda Bali sejak tahun 2020 silam.

4. Komjen Pol Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak


Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak mendapatkan pangkat Komjen Polisi ketika menduduki posisi Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional pada 8 September 2023. Lulusan Akpol 1990 ini sebelumnya sempat menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara.

5. Komjen Pol Mohammad Fadil Imran


Komjen Fadil Imran mendapatkan pangkat jenderal tiganya ketika diangkat menjadi Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri pada 27 Maret 2023, setelah sebelumnya dia menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya sejak tahun 2020.

6. Komjen Pol Wahyu Widada


Komjen Pol Wahyu Widada juga mendapatkan pangkat bintang tiganya pada tahun 2023, tepatnya di tanggal 26 Februari, ketika menduduki posisi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Kemudian di tanggal 24 Juni dia terkena mutasi untuk menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

7. Komjen Pol Suntana


Komjen Pol. Suntana yang kini menjabat sebagai Kabaintelkam Polri, telah mendapat pangkat jenderal bintang tiga sejak menduduki posisi Wakil Kepala BSSN pada 27 Maret 2023. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat.

8. Komjen Pol Purwadi Arianto


Selanjutnya ada Komjen Pol Purwadi yang mendapat pangkatnya setelah menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri sejak 27 Maret 2023. Sebelumnya, dia sempat mengemban amanat sebagai Sestama Lemhannas RI sejak tahun 2021.


9. Komjen Pol Imam Widodo


Terakhir, ada nama Komjen Pol Imam Widodo yang merupakan mantan Wakil Komandan Korps Brimob. Pada 14 Oktober 2023 dirinya kemudian diangkat menjadi Komandan Korps Brimob, sehingga mendapatkan pangkat baru sebagai Komjen Polisi.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)