Isu Lingkungan Jadi Faktor Kunci Pemilih Muda di Pemilu 2024

Senin, 29 Januari 2024 - 21:01 WIB
loading...
A A A
"Itu yang harus digaris bawahi. Kedua, ketika kita bicara hari ini mau transisi perlu kita ingat bahwa batu bara adalah salah satu penyumbang surplus ekonomi kita dan subsidi listrik dalam elektrifikasi seperti kendaraan listrik masih lebih baik, dibanding subsidi kendaraan BBM," jelasnya.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Jazilul Fawaid dari PKB yang mendukung Paslon Nomor Urut 1, Ade Armando dari PSI pendukung Paslon Nomor Urut 2, serta Masinton Pasaribu dari PDIP yang mendukung Paslon Nomor Urut 3.

Menanggapi jawaban para timses kandidat presiden dan wakil presiden terkait isu iklim dan lingkungan, Akademisi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM Mahesti Hasanah yang juga merupakan advisor di pilahpilih.id menyampaikan bahwa setiap calon pemimpin di ajang pemilu mendatang harus menyadari pentingnya kontekstualitas dengan isu yang berkembang saat ini.

Untuk meraup suara pemilih muda, konteks lingkungan penting untuk dipahami. Hal ini didukung dengan hasil survei yang dilakukan pilahpilih.id yang mengungkap 97% responden survei yang merupakan anak muda berpendapat akan sangat mempertimbangkan dan cukup mempertimbangkan masalah lingkungan saat memilih pemimpin di Pemilu 2024, sehingga isu lingkungan menjadi faktor kunci bagi pemilih muda dalam pesta demokrasi mendatang.

“Nah artinya apa? Kalau pemimpin tidak kontekstual dan aware soal ini, maka tidak bisa adaptasi. Sementara porsi pemilih pemula dan anak muda itu sangat tinggi dan anak muda saat ini memanfaatkan media untuk menyuarakan keresahan mereka termasuk dalam isu lingkungan dimana mereka terdampak secara langsung,” papar Mahesti.



Sebelumnya, survei daring yang dilakukan oleh pilahpilih.id terhadap pemilih muda dari 36 provinsi juga mengungkap bahwa 90% responden khawatir terhadap masa depan lingkungan. Selain itu temuan di survei pilahpilih.id juga menunjukkan bahwa 87% pemilih muda merasa bahwa isu lingkungan belum cukup dibahas secara mendalam di berbagai diskusi politik menjelang pemilu.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)