Perludem Harap MKMK Mampu Menjaga Pemilu Adil

Kamis, 21 Desember 2023 - 21:55 WIB
loading...
Perludem Harap MKMK Mampu Menjaga Pemilu Adil
Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini berharap pembentukan MKMK bisa mengembalikan muruah MK. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) telah resmi membentuk Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) secara permanen. Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini berharap pembentukan MKMK bisa mengembalikan muruah MK.

"Pembentukan MKMK permanen selain merupakan amanat UU MK, juga jadi bagian perisasi dalam menjaga muruah, kredibilitas, kemandirian, dan kemerdekaan MK sebagai pilar kekuasaan kehakiman," ujar Titi dalam keterangannya, Kamis (21/12/2023).



Dengan terbentuknya MKMK, masyarakat berharap MK tidak akan mengalami permasalahan etik atau hukum apa pun. Sebab sudah terbentuk kesadaran bahwa mereka akan diproses oleh MKMK jika melanggar. Selain itu, dalam gelaran Pemilu 2024 MK akan memainkan peran sentral dalam menjaga keadilan Pemilu 2024.

"Dengan kewenangannya dalam penyelesaian perselisihan hasil pileg, pilpres, dan pilkada 2024, maka kepercayaan publik jadi elemen penting bagi Mahkamah Konstitusi," kata Titi.

Untuk diketahui, MK telah menunjuk tiga anggota MKMK. Mereka adalah mantan Rektor Universitas Andalas Yuliandri, mantan Hakim MK I Dewa Gede Palguna, dan Hakim Konstitusi aktif MK Ridwan Mansyur. Menurut Titi, mereka bukan orang baru dan memiliki integritas yang baik.

"Prof Yuliandri dan Pak Palguna, keduanya dikenal sebagai sosok terpelajar yang berintegritas baik. Tidak ada catatan yang krusial terkait rekam jejak keduanya. Dari sisi keilmuan dan rekam jejak mereka orang yang cocok menjadi Anggota MKMK," kata Titi.



Karena itu ia banyak berharap MKMK bisa bekerja dengan baik, proporsional, profesional, dan berintegritas, sehingga pemilu 2024 bisa terkawal baik melalui peran mereka di MKMK.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)