TKN Yakin Program Rumah Murah Prabowo-Gibran Diterima Masyarakat

Selasa, 19 Desember 2023 - 00:05 WIB
loading...
A A A
Untuk kelancaran pelaksanaan program ini, Paulus mengusulkan pembentukan pos menteri yang spesialisasi dalam perumahan. Tujuannya untuk memastikan program rumah murah ini efektif dan dapat menjangkau masyarakat yang membutuhkan tanpa hambatan.

Prabowo telah menyetujui usulan ini, menegaskan komitmennya untuk menunjuk Menteri Perumahan dan Penataan Kota yang berdiri sendiri. Inisiatif ini menjanjikan perubahan besar dalam sektor perumahan di Indonesia, dengan fokus pada keterjangkauan dan aksesibilitas untuk generasi muda dan masyarakat berpenghasilan rendah selaras dengan visi pembangunan nasional yang inklusif.

Sementara itu, Pemerintah Kota Surakarta berkolaborasi dengan perusahaan swasta dalam upaya pembenahan ratusan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan bahwa saat ini ada 136 unit RTLH yang sedang diperbaiki, dengan kemitraan yang terjalin bersama platform e-commerce Shopee.

Masih ada 130 rumah lagi yang perlu ditangani dan menekankan keterbukaan pemerintah kota untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam penanganan RTLH. Dia juga menunggu dana hibah dari Pemerintah Uni Emirat Arab yang direncanakan untuk perbaikan perumahan kumuh di beberapa area di Solo, termasuk Semanggi.

Tujuan jangka panjang yang ditetapkan oleh pemerintah adalah menjadikan Solo bebas dari kawasan kumuh pada 2025-2026.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handika Jahja mengatakan pembangunan di kawasan Semanggi telah berlangsung selama satu tahun terakhir dengan 136 rumah telah berhasil direnovasi dan diresmikan.

Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Surakarta Saryanto menambahkan proses perbaikan 136 rumah berlangsung dari Maret hingga Desember 2022, dengan biaya CSR per unit rumah sebesar Rp72 juta dan total dana CSR mencapai Rp29,2 miliar. Proyek selanjutnya akan meluas ke kawasan utara, termasuk Losari dan Demangan.
(jon)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)