Sejarah Singkat 4 Partai Politik Koalisi Pengusung Ganjar-Mahfud MD

Kamis, 02 November 2023 - 10:11 WIB
loading...
A A A

3. Partai Perindo


Partai Persatuan Indonesia (Perindo) adalah partai yang didirikan dan dipimpin oleh Hary Tanoesoedibjo (HT), seorang tokoh nasional dan pengusaha sukses di bidang media.

Pembentukan partai ini telah disiapkan cikal bakalnya dari jauh-jauh hari, dalam bentuk Organisasi Masyarakat (Ormas) Perindo yang dideklarasikan di Jakarta pada 24 Februari 2013.

”Persatuan Indonesia” sebagai nama partai terinspirasi dari isi sila ketiga Pancasila. Perindo memahami realitas, bahwa masalah persatuan di Indonesia senantiasa mengalami perubahan seiring dinamika perkembangan bangsa.

Perindo kemudian didirikan sebagai partai politik pada tanggal 8 Oktober 2014. Pemilu 2024 akan menjadi pemilu kedua yang diikuti Partai Perindo.

4. Partai Hanura


Partai Hanura merupakan partai politik peserta Pemilu 2009 hingga 2024. Berdirinya partai tersebut merupakan gagasan Jenderal TNI Purnawirawan (Purn) Wiranto dan beberapa tokoh nasional seperti Tuti Alawiyah, Yus Usman Sumanegara, dan Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi.

Pembentukan Hanura pertama kali dilakukan pada pertemuan para tokoh penggagas, pertengahan November 2006. Pertemuan tersebut menghasilkan delapan kesepakatan. Salah satunya tentang kondisi kesejahteraan rakyat Indonesia yang ditindaklanjuti dengan pembentukan partai politik.

Pembentukan partai politik ini, kemudian dideklarasikan pada tanggal 21 Desember 2006 yang diberi nama Partai Hati Nurani Rakyat atau disingkat menjadi Hanura. Partai Hanura kini diketuai oleh Oesman Sapta Odang, yang akrab disapa OSO.

Kini, Hanura ikut serta dalam mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024.
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2252 seconds (0.1#10.140)