ASEAN Benteng Stabilitas Indo-Pasifik

Senin, 11 September 2023 - 07:38 WIB
loading...
A A A
Begitu juga pada konflik Filipina dengan Moro Nationalism Liberation Front (MNLF) Moro, ASEAN dengan dimotori Indonesia menjadi bagian penting resolusi konflik, hingga perdamaian Filipina terwujud dan berlangsung hingga saat ini.

Kohesivitas yang terbangun kuat di antara anggota ASEAN dan komitmen untuk menjaga cita-cita berdirinya ASEAN modal kuat untuk menghadapi dinamika internal ASEAN, konflik LCS dan pertarungan geopolitik dan geostrategi di Indo-Pasifik. Jangan sampai di antara anggota ASEAN terperangkap menjadi pion dan proxy negara-negara besar untuk memainkan kepentingan dan membenturkannya dengan kekuatan lain, terutama dalam konteks rivalitas AS versus China dalam konflik LCS,

Bila kondisi tersebut terpenuhi, maka ASEAN benar-benar menjadi centrum membentengi stabilitas di kawasan Indo-Pasifik, dan kawasan tersebut bisa menjadi teater perdamaian dan inklusivitas. Dalam konteks kepentingan ASEAN, hadirnya stabitas di Indo-Pasifik menjadi prasarat mutlak membangun kontinuitas ASEAN sebagai center of growth hingga harapan kesejahteraan bangsa-bangsa ASEAN dan masyarakatnya bisa terwujud. (*)
(hdr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4552 seconds (0.1#10.140)