Gaya Asyik Kedai Kopi Bumi Citarik Menguliti Buku Susuk Kapal Borobudur

Minggu, 16 Juli 2023 - 16:21 WIB
loading...
A A A
baca juga: Visi Jokowi Jadikan Indonesia Poros Maritim Dunia Sejahterakan Masyarakat Pesisir

"Ekspedisi Kapal Borubudur yang diceritakan dalam buku Susuk Kapal Borobudur, sebagai jawaban tegas atas slogan masyarakat Indonesia yang kerap berkoar 'Nenek Moyangku Orang Pelaut'," timpal penulis Abdul Aziz.

Anak-anak muda Indonesia yang saat itu menjadi kru Kapal Borobudur sebagai wujud nyata untuk membangkitkan semangat bahari pemuda Nusantara. Ketangguhan mereka mengarungi samudera selama perjalanan Ekspedisi Kapal Borobudur, hal luar biasa yang patut diacungi jempol.

Gaya Asyik Kedai Kopi Bumi Citarik Menguliti Buku “Susuk Kapal Borobudur”


Selama tujuh bulan, para kru yang saat itu masih berstatus mahasiswa mengendarai kapal kayu berukuran 18,29 meter, menempuh medan berat perairan yang berjarak 11.000 mil.

Kapal layar tak bermesin yang hanya mengandalkan kekuatan angin, bertolak dari Pagerungan, Jawa Timur (tempat dibuatnya Kapal Borobudur), tiba di teluk Jakarta untuk kemudian dilepas secara resmi oleh Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri , lalu menjelajah dua samudera Hindia dan Atlantik, melintasi Madagaskar, hingga berakhir di Ghana, Afrika.

Nenek Moyangku Orang Pelaut

Gagasan Ekspedisi Kapal Borobudur muncul saat seorang pria bernama Philip Balae berkunjung untuk kali pertama ke Candi Borobudur, pada 8 November 1982. Kala itu, turis asal Inggris yang masih berusia 20 tahun ini, mengamati dengan seksama panel demi panel relief pada dinding Candi Borobudur. Bak membaca lembaran buku, ia terpaku saat matanya menatap relief Jataka-Avadana panel 86.

baca juga: Penunjukan Yudo Margono Jadi Panglima TNI Upaya Wujudkan Indonesia Poros Maritim Dunia

Wow, menakjubkan! Kapal apa ini?” lama kakinya terpaku di tempat itu. Ketika sudah beranjak lagi, dia kembali menemukan panel yang menggambarkan kapal. “Paling tidak ada tiga jenis kapal,” guman Philip sebagaimana ditulis dalam buku ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6102 seconds (0.1#10.140)