Unggul di Akar Rumput, Elektabilitas Erick Thohir Makin Digdaya sebagai Cawapres

Senin, 05 Juni 2023 - 19:30 WIB
loading...
Unggul di Akar Rumput, Elektabilitas Erick Thohir Makin Digdaya sebagai Cawapres
Hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menempatkan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai salah satu menteri yang memiliki elektabilitas tertinggi untuk maju sebagai cawapres. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hasil survei Indikator Politik Indonesia menempatkan Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir sebagai salah satu menteri yang memiliki elektabilitas tertinggi untuk maju sebagai cawapres . Hal itu tercermin berdasarkan kategori demografi dan wilayah.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanuddin Muhtadi mengatakan Erick Thohir unggul di kalangan masyarakat akar rumput dengan kategori pekerjaan petani, peternak, dan nelayan. Tak hanya itu, Erick Thohir juga menjadi yang terfavorit di kalangan pemilik toko/grosir, wiraswasta, pengusaha, hingga kontraktor.



“Erick Thohir memang mengalami kenaikan elektabilitas sedangkan Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno elektabilitasnya tengah turun,” ujar Burhanuddin dalam acara daring berjudul Saling Salip Elektabilitas Capres dan Cawapres Jelang 2024, Minggu 4 Juni 2023.

Merujuk survei Indikator Politik di kategori demografi dan wilayah, masyarakat yang mempunyai pekerjaan seperti wiraswasta, pengusaha, kontraktor hingga memiliki toko/grosir mendukung Erick Thohir sebagai cawapres dengan angka 23,7%. Kemudian tak hanya itu, para petani, peternak dan nelayan juga memberikan dukungan pada Erick Thohir dengan total persentase mencapai 19,1%.

Pada pekerjaan lainnya, Erick Thohir masih tetap unggul dari cawapres lainnya. Untuk sektor pekerjaan pegawai, guru/dosen hingga profesional, Erick Thohir mendulang suara hingga 18,2%, sedikit di atas Mahfud MD yang mengantongi 16,8%.

Namun, Erick Thohir harus mengakui elektabilitas cawapres lainnya untuk pekerjaan seperti buruh kasar hingga pedagang kecil. Di sektor ini, Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil berhasil menempati peringkat satu dan dua dengan perolehan angka 16,1% dan 15,3%. Sementara Erick Thohir ada di posisi ketiga dengan perolehan skor 14,5%.

Bukan tanpa alasan elektabilitas Erick Thohir melejit di kalangan UMKM, Menteri BUMN Erick Thohir telah membuat berbagai program untuk meningkatkan kontribusi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Erick Thohir menjadikan usaha rakyat sebagai sokoguru atau penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga bisa berdaulat.

Menurutnya, perkembangan UMKM di Indonesia mampu menopang perekonomian masyarakat dan negara. Karena itu, realisasi pendanaan untuk sektor UMKM terus didorong pada tahun 2023 hingga menyentuh angka Rp50 triliun.



Transformasi program kolaborasi antara BUMN dan UMKM seperti PaDi UMKM ini dinilainya tidak hanya membantu penyerahan produk dan servis langsung dari UMKM. Namun juga meruntuhkan stigma BUMN sebagai menara gading yang sulit untuk dijangkau oleh para pelaku usaha kecil.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)