Erick Thohir Puncaki Klasemen Cawapres, Didukung Masyarakat Perkotaan

Minggu, 04 Juni 2023 - 16:23 WIB
loading...
Erick Thohir Puncaki Klasemen Cawapres, Didukung Masyarakat Perkotaan
Erick Thohir menjadi kandidat cawapres yang paling banyak dipilih masyarakat. Itu terpotret dari hasil survei Indikator Politik Indonesia untuk periode 26 Mei-30 Mei 2023. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Erick Thohir menjadi kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang paling banyak dipilih masyarakat. Itu terpotret dari hasil survei Indikator Politik Indonesia untuk periode 26 Mei-30 Mei 2023.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan Erick Thohir berada di posisi teratas dalam simulasi 22 nama cawapres dengan 14,8% suara responden. Ia unggul tipis sekitar dari Ridwan Kamil.



Ia menyebut Erick beda 0,02% dari Ridwan Kamil. Burhanuddin menjelaskan Erick kembali menjadi pilihan mayoritas responden dalam simulasi 18 nama cawapres dengan suara sebanyak 15,5% atau unggul dari Ridwan Kamil yang berada di posisi kedua dengan 15,4%.

"Jika melihat tren, Erick Thohir ada tren kenaikan, Ridwan Kamil sedikit turun, Sandiaga, dan AHY turun," ujar Burhanuddin saat rilis hasil survei nasional yang dialkukan secara daring, Minggu (4/6/2023).

Burhanuddin menuturkan Erick didukung oleh masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Tak hanya itu, Erick juga cawapres yang paling banyak dipilih bagi masyarakat di Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yang menarik, lanjut Burhanuddin, mayoritas masyarakat yang memilih dua pasangan capres dan cawapres pada Pemilu 2019 pun solid memilih Erick sebagai cawapres untuk 2024.

Burhanuddin mengatakan basis pemilih Jokowi-ma'ruf Amin sebanyak 20,0% memilih Erick atau lebih tinggi dibandingkan kandidat cawapres lain. Pun dengan basis pemilih Prabowo-Sandiaga yang memilih nama Erick sebanyak 17,5% atau terbesar ketimbang kandidat cawapres lain.

"Kalau dilihat basis pemilih berdasarkan partai politik, banyak pemilih dari sejumlah partai memilih Erick Thohir," ucap dia.



Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada 26-30 Mei 2023. Jajak pendapat ini, melibatkan 1.230 responden dengan usia 17 tahun ke atas. Proses pengambilan data, dilakukan dengan cara wawancara melalui telepon. Adapun margin of error diperkirakan mencapai sekitar 2,9%.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)