Umumkan Daftar Pemilih Sementara, PPLN Canberra Siap Terima Masukan Masyarakat

Rabu, 12 April 2023 - 20:37 WIB
loading...
A A A
Tak hanya pertemuan-pertemuan dengan komunitas, PPLN Canberra juga memanfaatkan media sosial berupa instagram dan facebook yang terbukti cukup efektif menyebarluaskan informasi.

Sosialisasi perdana dilaksanakan di Kantor KBRI Canberra pada tanggal 3 Maret 2023. Sosialisasi ini dihadiri oleh para perwakilan masyarakat Indonesia di Canberra.

Dalam sosialisasi tersebut, Ketua PPLN Canberra, David Silalahi memaparkan informasi seputar Pemilu 2024 yang diselenggarakan di luar negeri. David menyampaikan antara lain bahwa Pemilu 2024 akan dilaksanakan 14 Februari 2024, namun untuk Australia akan dilakukan 'early voting'.

Pemungutan suara di luar negeri dilaksanakan denga 3 metode, yaitu dengan mencoblos langsung ke TPS, melalui Kotak Suara Keliling, dan mengirimkan surat suara melalui surat pos.

Beragam cara dilakukan untuk menyebarluaskan informasi Pemilu 2024. Misalnya, PPLN juga membagikan brosur dalam acara pawai budaya Canberra Multicultural Festival pada 18 Februari 2023.

PPLN Canberra juga aktif menitipkan dan menempelkan brosur sosialisasi dan informasi coklit pada toko-toko groseri yang dimiliki oleh diaspora Indonesia, seperti Kopiku, Good Life, Bali Belly, dan Asian Provisions.

Tak hanya itu, PPLN Canberra juga mengedukasi masyarakat melalui media radio lokal Canberra Multicultural Services. Elisabeth Nguda salah satu penyiar di radio tersebut aktif menginformasikan hal-hal terkait Pemilu 2024 dalam program berbahasa Indonesia yang disiarkan setiap akhir pekan.

Selain sosialiasi yang gencar, PPLN dan Pantarlih LN Canberra juga mengadakan 'jemput bola' proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih pada komunitas masyarakat Indonesia di Canberra.

Coklit dilakukan dengan mendatangi beberapa kegiatan pengajian, penyambutan mahasiswa baru yang diselenggarakan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), pertemuan Komunitas Horas Canberra, pertemuan komunitas keagamaan seperti pengajian Khataman Canberra, Keluarga Katolik Indonesia di Canberra (KKIC), dan (Persekutuan Masyarakat Kristen Indonesia di Canberra (PMKIC).

Pantarlih yang beranggotakan Aria Yudisatria, Barik Ali Amiruddin, Reni Qurreti Aeni, secara aktif mendatangi masyarakat yang berkenan didatangi ke rumah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)