Umumkan Daftar Pemilih Sementara, PPLN Canberra Siap Terima Masukan Masyarakat

Rabu, 12 April 2023 - 20:37 WIB
loading...
Umumkan Daftar Pemilih Sementara, PPLN Canberra Siap Terima Masukan Masyarakat
PPLN Canberra, Sekretariat, dan Pantarlih LN Canberra 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Panitia Pemilu Luar Negeri Canberra (PPLN Canberra) sebagai perpanjangan tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi mengumumkan Daftar Pemilih Sementara Luar Negeri (DPSLN). Hal ini untuk wilayah Canberra dan sekitarnya.

Terkait hal ini, Komisioner KPU RI, Betty Idroos mengapresiasi kinerja PPLN Canberra. "Ini luar biasa ya, karena banyak capaian-capaian, banyak kreatifitas yang dilakukan. Terutama untuk mengingatkan WNI di Canberra terkait Pemilu 2024," kata Betty dalam kunjungan kerja ke Canberra, Rabu (12/4/2023).

Komisioner perempuan satu-satunya di KPU itu juga menambahkan, bahwa hal-hal kreatif yang dilakukan oleh PPLN Canberra perlu dibagikan pada PPLN lainnya.

Staf Ahli Menteri Luar Negeri, Muhsin Syihab, yang juga mendampingi dalam kunjungan kerja KPU tersebut turut mengamini.

"I feel very much impressed. Cara bekerja PPLN adalah pekerjaan yang dilakukan secara sistematis. Meskipun PPLN independen terhadap KBRI, namun dapat berkoordinasi dengan baik. Proses outreach yang dilakukan kepada masyarakat menjadi kunci. Pintu awal suksesnya Pemilu," ujarnya.

Muhsin tidak lupa menyampaikan pesan dari Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, bahwa masyarakat memang berhak memilih dalam Pemilu, namun juga berkewajiban menjaga kerukunan.

Dalam kunjungan kerja tersebut, tim KPU juga berinteraksi langsung dengan masyarakat Indonesia di Canberra dalam kegiatan Sosialisasi Pemilu 2024.

Untuk diketahui, DPSLN tersebut ditempel pada papan pengumuman di KBRI Canberra. Untuk versi daring dapat diakses pada laman KPU RI, laman media sosial PPLN Canberra dan KBRI Canberra.

DPSLN merupakan rekapitulasi hasil pemutakhiran data pemilih yang dilaksanakan antara 12 Februari hingga 14 Maret 2023 lalu. PPLN Canberra berhasil menjaring sejumlah data pemilih yang memenuhi syarat dan berhak mencoblos pada Pemilu yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 nanti.

Seiring dengan kegiatan proses pemutakhiran data, PPLN Canberra aktif melakukan sosialisasi Pemilu 2024 untuk meningkatkan awareness masyarakat Indonesia di ibukota Australia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)