BNPT Tegaskan Perlu Sinergitas Kuat Tangani Terorisme

Selasa, 14 Juli 2020 - 11:59 WIB
loading...
A A A
“Kami berharap upaya membangun sinergisitas disamping internal dari kita, tetapi kepada ekstenal kita juga lebih maksimal lagi. Karena kekuatan utama BNPT ada di dalam masyarakat itu sendiiri. Jadi potensi-potensi yang ada di dalam masyarakat harus kita maksimalkan, tentunya potensi yang baik dalamupaya untuk menyelamatkan dari potensi potensi jahat serta untuk mengurangi ancaman terorisme yang terjadi di negara kita,” tuturnya.

Kepala BNPT juga menjelaskan postur kejahatan terorisme adalah kelompok-kelompok yang merupakan mengusung ideologi-ideologi yang sifatnya tidak sejalan dengan ideologi Pancasila.

Menurut dia, hal tersebut nyata-nyata sangat bertolak belakang dengan ideologi dari Pancasila yang tentunya juga berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945.

“Oleh karena itu kita harus maksimalkan pencegahan ini dan termasuk kepada mereka-mereka yang mengusung seolah-olah berjuang atas nama agama dengan melakukan tindakan kekerasan seolah-olah sedang melakukan misi agama. Dan tenrunya hal ini harus kita yakinkan kepada semua pihak bahwa itu adalah sesuatu yang tidak benar dan hal tersebut adalah sesuatu yang keliru,” tuturnya.

Untuk itu Kepala BNPT berharap agar pejabat Sestama baru bisa bekerja sama secara menyeluruh dengan pihak-pihak terkait lainnya. Hal ini agar dapat memberikan jaminan upaya perlindungan terhadap selurub warga negara sehingga upaya pencegahan dari ancaman terorisme dapat dilaksanakan dengan oprimal

“Kerja sama eksternal di samping kita punya sinergisitas sebagai wadah, tentunya juga humungan kerjasama demngan seluruh lapisan masyarakat harus dapat semakin banyak. Jejaring kita CSO atau lembaga lain yang peduli terhadap penanggulangan terosime juga harus kita ajak kerja sama dengan keberadaan Sestama baru, kita berharap kinerja BNPT tentu akan semakin optimal sebagai unsur utama dalam organisasi,” tutur mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini

Kepala BNPT pun kemudian menyambut kedatangan Brigjen TNI Untung Budiharto beserta Ibu sebagai bagian keluarga besar BNPT.

“Kami berharap agar rasa kebersamaan dan kekeluargaan dapat senantiasa terjalin agar tugas yang dihadapi akan lebih ringan dan dapat dijalankan secara maksimal ke depannya mantan Kapolrestabes Padang ini mengakhiri pesannya.

Sebelum Kepala BNPT memberikan sambutan, telah dilakukan penandatanganan Pakta Integritas yang dilakuan oleh pejabat baru Sestama BNPT.

Ditemui usai acara pelantikan, Sestama BNPT, Brigjen TNI Untung Budiharto mengungkapkan komitmennya untuk mengemban tugas baru dengan penuh tanggung jawab, termasuk dalam melakukan koordinasi dengan K/L terkaitd alam kegiatan Sinergisitas 38 K/L Program Penanggulangan Terorisme.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)