Agar Jamaah Tak Resah soal Biaya Haji, HNW Minta Kemenag Lakukan Terobosan

Minggu, 22 Januari 2023 - 10:27 WIB
loading...
A A A
Dalam konteks terobosan itu, HNW juga mengusulkan agar lapangan terbang di Saudi yang menerima maskapai haji bisa diperbanyak selain Jeddah dan Madinah, agar disebar ke beberapa titik/kota lainnya di Saudi seperti Thaif, Qasim, dan lainnya bila bandara Jeddah dan Madinah tidak lagi bisa diperbesar kapasitasnya untuk melayani jemaah Haji. Sehingga sesudah melaksanakan ibadah haji, jamaah bisa segera pulang dan tidak harus berlama-lama di Saudi dan menambah pembiayaan.

Dengan berbagai rasionalisasi, terobosan dan maksimalisasi upaya itu, maka HNW percaya, penyesuaian biaya haji akan lebih berkeadilan, bisa dimengerti dan tidak terlalu memberatkan jamaah.

Di saat yang sama kata dia, Kemenag juga perlu terus mampu melakukan lobi dan negosiasi terkait penyelenggaraan maupun pembiayaan haji, baik dengan Kerajaan Saudi maupun dengan kontraktor akomodasi, konsumsi, dan transportasi. Sehingga biaya haji bisa tetap mampu dijangkau, dan tidak membuat resah calon jamaah seperti yang diusulkan Kemenag itu.

"Sekaligus tidak melukai neraca keuangan haji, bahkan mampu menghadirkan solusi agar jamaah tetap bisa berangkat haji menjadi hajinya mabrur dengan doa-doa mereka untuk Indonesia juga maqbul," tutup HNW.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)