Haji 2024, Penerbangan Indonesia-Arab Saudi Ditambah

Selasa, 30 April 2024 - 16:19 WIB
loading...
Haji 2024, Penerbangan Indonesia-Arab Saudi Ditambah
Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah bersama Menag Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Selasa (30/4/2024). FOTO/MPI/WIDYA MICHELLA
A A A
JAKARTA - Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah mengatakan pihaknya akan menambah penerbangan untuk jemaah haji Indonesia 2024. Rencana penambahan penerbangan itu telah dikoordinasikan dengan sejumlah pihak terkait.

"Telah melakukan koordinasi dan kerja sama terkait dengan penerbangan dari Arab Saudi maupun dari ke Indonesia untuk menambah penerbangan dari beberapa airport (bandara) di Indonesia untuk juga diterima di beberapa airport di Arab Saudi," kata Menteri Tawfiq usai bertemu dengan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Tawfiq melaporkan terkait data penerbangan secara langsung dari Indonesia ke Arab Saudi. Pada tahun lalu lebih dari 3.500 penerbangan penerbangan secara langsung dari Indonesia ke Arab Saudi.



"Itu berarti dalam satu hari tidak kurang 10 flight atau penerbangan langsung dari Indonesia ke Arab Saudi, dan itu menunjukkan bahwa perjalanan paling jauh penerbangan di dunia ini yang paling intensif adalah dari Indonesia ke Arab Saudi secara langsung," katanya.

Selain itu, Saudi juga mengeluarkan kartu pemberangkatan haji atau disebut kartu elektronik Nusuk haji. Kartu ini secara khusus diberikan pertama kali untuk jemaah haji Indonesia.

"Kami juga ingin menyampaikan bahwa jemaah haji yang pertama kali mendapatkan kartu pemberangkatan haji adalah jemaah haji dari Indonesia. Kartu elektronik Nusuk haji adalah kartu yang memang dibuat khusus untuk memberikan pelayanan kepada jemaah haji yang di dalamnya terdapat informasi yang terkait dengan haji," katanya.



Dia menyebut kartu tersebut berisi informasi terkait haji yang akan membantu jemaah untuk mengetahui lokasi-lokasi yang ada di tempat pelaksanaan ibadah haji. Pada kartu tersebut juga ada sertifikat selesai melaksanakan ibadah haji. "Sehingga itu bisa menjadi kenangan yang indah bagi yang telah melaksanakan ibadah haji," katanya.

Pada kesempatan itu, dia mengaku senang dan bergembira bertemu Menteri Agama (Menag) Yaqut beserta jajarannya. Dirinya berdiskusi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah Indonesia.

"Hari ini saya melakukan pertemuan dan diskusi yang sangat produktif dan cukup panjang dengan saudara saya Menteri Agama Republik Indonesia yang semuanya bermuara untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan kemudahan untuk jemaah haji dan jemaah umrah Indonesia," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)