Waspadai Varian Siluman Covid-19

Jum'at, 11 November 2022 - 08:43 WIB
Data Kementerian Kesehatan, dalam kurun satu minggu terakhir terjadi kenaikan kasus Covid-19 di 30 provinsi di Indonesia. Pada level nasional, selama empat hari terakhir juga terjadi peningkatan kasus sekitar 4.700 – 4.900 kasus.

Angka kematian juga terus meningkat hingga mencapai 34 orang pada akhir Oktober dan masing-masing 32 orang dalam dua hari di awal November sehingga total kematian selama pandemi terjadi mencapai 158.695 jiwa.

Adanya kenaikan kasus menunjukkan meningkatnya penularan, apapun varian virus yang beredar. Virus bisa menular apabila kita tidak terlindungi dengan baik. Maka dalam kondisi seperti ini, pastikan masyarakat melindungi diri dengan kembali menerapkan protokol kesehatan 3M dengan baik, benar dan disiplin.

Kondisi saat ini belum bias dipastikan aman dari pandemi Covid-19. Lantaran mutasi varian baru masih berpotensi terus terjadi. Masyarakat harus terus mengedepankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker baik di dalam maupun di luar ruangan, menghindari kerumunan dan mencuci tangan, dan melakukan tes apabila mengalami tanda dan gejala Covid-19.

Selain itu juga menyegerakan vaksinasi booster Covid-19. Masyarakat yang menerima vaksin penguat atau booster yaitu sekitar 65,1 juta atau 27,7%. Angka itu jauh di bawah vaksin dosis pertama sebanyak 205 juta (87,4%) dan vaksin dosis kedua 171,9 juta (73,2%). Karenanya, masyarakat perlu segera mendapatkan vaksin ketiga di tengah kenaikan kasus dan mendorong pemerintah memfasilitasi vaksin dengan cepat.

Upaya pencegahan juga harus terus dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus. Mulai dari kesiapsiagaan Rumah Sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya hingga peningkatan upaya tracing dan testing.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More