Vaksinasi Dinilai Tetap Penting meski Covid-19 di Indonesia Terkendali

Kamis, 27 April 2023 - 19:06 WIB
loading...
Vaksinasi Dinilai Tetap Penting meski Covid-19 di Indonesia Terkendali
Vaksinasi lengkap sampai booster dinilai tetap penting bagi masyarakat meski kasus Covid-19 di Indonesia terkendali. Foto/Dok SINDO/Yulianto
A A A
JAKARTA - Vaksinasi lengkap sampai booster dinilai tetap penting bagi masyarakat meski kasus Covid-19 di Indonesia terkendali. Masyarakat diimbau tidak menganggap sepele penularan Covid-19.

Dokter spesialis di RSPI Sulianti Saroso dr. Rosa Marlina menjelaskan bahwa virus terus bermutasi dengan cepat. "Mungkin varian yang sebelumnya untuk vaksin ini dia ada toleransinya. Tapi untuk varian satu lagi, tidak," ujar dr Rosa, Rabu (26/4/2023).

Vaksinasi perlu beberapa kali sampai booster kedua karena Covid-19 terus bermutasi. Sebab, fungsi dari vaksin untuk membentuk imunitas yang bisa melawan virus saat mencoba masuk ke dalam tubuh.





"Makanya beberapa kali, karena varian Covid-19 ini juga mutasinya cepat, jadi vaksinnya harus dilakukan beberapa kali untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita," tuturnya.

Diakuinya masih ada yang tetap terinfeksi Covid-19 meski sudah melakukan vaksin. Akan tetapi, masyarakat yang sudah vaksin tidak bergejala. Kalaupun bergejala, hanya ringan.

"Kalau sudah divaksin, pasti sudah ada imun. Kalau memang sebelumnya daya tahannya sudah cukup bagus, dimasukkan vaksin jadi bertambah bagus," jelasnya.

Maka itu, melengkapi dosis vaksin Covid-19 menjadi penting, khususnya pada kelompok berisiko seperti lanjut usia, punya masalah imunitas, dan memiliki komorbid.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)