Kasus Covid-19 Kembali Naik, Wakil Ketua MPR: Protokol Kesehatan Harus Diaktifkan Lagi

Rabu, 03 Mei 2023 - 21:17 WIB
loading...
Kasus Covid-19 Kembali Naik, Wakil Ketua MPR: Protokol Kesehatan Harus Diaktifkan Lagi
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan agar protokol kesehatan kembali diaktifkan di ruang publik. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Hal ini disebabkan lemahnya penerapan protokol kesehatan di masyarakat di ruang publik.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat diskusi daring bertema “Menghadapi Tantangan Kenaikan Kasus Covid-19 Pasca Mudik Lebaran” yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (3/5/2023).

"Catatan peningkatan kasus Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir ini, harus menjadi pengingat kita semua untuk tetap mengedepankan keselamatan setiap warga negara dalam kesehariannya," katanya.

Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 22 April 2023 menunjukkan angka kematian akibat pandemi sebanyak 13 kasus dan kasus aktif naik dari 10.448 kasus menjadi 10.881 kasus. Sedangkan pasien yang dirawat dalam periode 15-22 April tercatat 1.617 orang.



Menurut Reri panggilan Lestari, melonjaknya kasus Covid-19 pada awal April 2023 akibat melemahnya penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Legislator dari Dapil II Jawa Tengah ini mengakui pengabaian terhadap ragam anjuran untuk mengedepankan protokol kesehatan dalam keseharian kerap terjadi. ”Para pemangku kepentingan dan masyarakat perlu menerapkan cara berpikir bahwa pada kenyataannya hingga saat ini Indonesia belum sepenuhnya lepas dari pandemi,” katanya.



Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu mendorong para pemangku kepentingan mengaktifkan kembali kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan di ruang publik, sambil memastikan segenap lapisan masyarakat telah melalui tahapan vaksinasi dalam upaya membangun kekebalan komunitas yang lebih baik.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan lonjakan kasus Covid-19 bukan disebabkan adanya peningkatan perjalanan orang tetapi lebih dikarenakan munculnya varian baru.

”Covid-19 varian Arcturus yang tercatat masuk Indonesia pada 10 Maret 3023. Virus ini memiliki daya tular yang lebih tinggi dari varian Omicron, namun ada indikasi tetap bisa menular pada orang yang sudah divaksinasi,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)