Apakah Vaksin Covid-19 Penyebab Gagal Ginjal Anak?

Rabu, 26 Oktober 2022 - 17:12 WIB
Sekitar 72% orang dewasa memiliki antibodi yang melawan efek negatif PEG. Namun, hal ini masih menjadi tanda tanya pada anak-anak (Yang Qi, Jacobs TM, McCallen JD, dan rekan-rekan. “Analysis of Pre Existing Igg and Igm Antibodies Against Polyethylene Glycol (Peg) in General Population”. Anal Chem, 2016, 88,23.11804-12).

Beberapa penelitian berhasil mendeteksi adanya vaksin mRNA di dalam air susu ibu, namun laporan yang dikeluarkan menyatakan keseluruhannya berada pada dosis yang aman dan umumnya hilang setelah 48 jam. (Yeo KT, Chia WN, Tan CW dan rekan-rekan. "Neutralizing Activity and SARS-CoV-2 Vaccine m RNA Persistence in Serum and Breastmilk After BNT162b2 Vaccination in Lactating Women". Immunol. Jan 2022. Vol.12. Article 783975) dan (Hanna N, Doon AH, Lin X, dan rekan-rekan. "Detection of Messenger RNA Covid 19 Vaccines in Human Breast Milk". JAM Pediatrics September 26, 2022.E1-2) .

Berdasarkan fakta-fakta di atas diperlukan tindakan investigasi yang meliputi autopsi klinik terhadap para korban gagal ginjal akut dan pemeriksaan sampel bukan hanya obat sirup , namun juga vaksin dan tracing terhadap keluarga dalam hal ini para ibu.

Patut dipertimbangkan efek polyethylene glycol di dalam vaksin Covid-19 terhadap kondisi ginjal yang dialami oleh ratusan anak di Indonesia. Diperlukan penelitian yang menyeluruh dan terintegrasi serta kehati-hatian dalam membuat kesimpulan dan mengambil kebijakan mengenai kasus epidemik gagal ginjal akut yang terjadi saat ini.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More