Legalisasi Ganja Harus Hati-Hati

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:14 WIB
Bagi para sejumlah penderita sakit di atas, sangat mungkin kehadiran ganja yang di dalamnya mengandung tetrahidrokanabinol dan kanabidiol akan memacu sel-sel tubuh makin bereaksi positif. Bahkan jika digunakan secara kontinu dan teratur, zat dari ganja atau mariyuana ini akan mampu menyembuhkan pasien.

Dengan dasar-dasar di atas, sangat mungkin regulasi tentang ganja di Indonesia diperbaiki. Sebab ada kebutuhan yang lebih penting dan luas, khususnya pada sisi medis. Artinya, penggunaan ganja tak lagi sebatas untuk pengembangan teknologi atau sekadar riset.

Namun jika ruang pelonggaran pemanfaatan ini dilakukan, pada saat yang sama, ruang pengetatan juga tak boleh ditanggalkan. Kesadaran ini harus dikuatkan karena di setiap kebijakan baru selalu ada pihak-pihak yang berupaya memanfaatkan untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya. Mereka mencari celah baik dari sisi regulasi, yuridiksi dan lain sebagainya.

Maka jika benar ganja untuk kebutuhan medis ini menjadi legal, maka pengawasan di lapangan menuntut kerja-kerja yang makin ektraketat.

Kebijakan-kebijakan dari pemerintah yang dalam praktiknya disalahgunakan baik aparat atau masyarakat selama ini harus jadi pelajaran berharga. Jangan sampai niat mulia kita menyelamatkan satu korban, malah memicu jatuhnya banyak korban.

Baca Juga: koran-sindo.com
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More