Memahami Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5

Kamis, 16 Juni 2022 - 13:27 WIB
Sesudah ditemukan penjelasan kenapa kasus naik dengan dasar ilmiahnya yang rinci, segera diinformasikan ke publik luas agar masyarakat dapat lebih mengambil sikap secara proporsional.

Untuk anggota masyarakat, sekarang ini perlu melakukan setidaknya tiga hal. Pertama, tetap menjaga protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku, jangan abai. Kedua, kalau ada keluhan atau ada kemungkinan kontak, segera memeriksakan diri dan melakukan tes agar segera mendapat penanganan medis yang tepat dan segera diisolasi sehingga tidak menulari keluarga dan kerabat, apalagi yang lansia dan mereka dengan komorbid.

Ketiga, bagi yang belum divaksin dan di-booster, segeralah mendapatkannya. Untuk mereka dengan risiko tinggi akan amat baik kalau mendapat booster kedua sebagaimana juga sudah diterapkan di negara lain.

Tren kenaikan kasus di hari-hari ini jelas tidak bisa dipandang sebagai "biasa-biasa" saja, tetapi juga jangan disikapi dengan kepanikan tanpa dasar yang jelas. Ini adalah "alarm kewaspadaan". Mudah-mudahan dengan penanganan yang tepat di hari-hari ini, situasi akan dapat lebih terkendali. Kenaikan kasus ini juga menunjukkan bahwa masih cukup banyak unpredictibility dalam hal Covid-19 ini, di Indonesia dan di dunia.

Baca Juga: koran-sindo.com

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More