Tuberkulosis Masih Bersama Kita

Kamis, 24 Maret 2022 - 17:59 WIB
Untuk target SDG untuk tuberkulosis dunia maka akan baik dibahas dalam salah satu agenda kesehatan Presidensi Indonesia pada G20 tahun ini. Kalau ini dilakukan maka nama Indonesia akan tercatat harum dalam pengendalian epidemi tuberkulosis dunia.

Sementara itu, untuk target eliminasi negara kita, karena ini baru saja dicanangkan tahun 2021 maka tentu target itu tetap harus dijaga. Jadi tidak ada jalan lain maka kita harus meningkatkan upaya secara maksimal agar target tercapai pada 2030. Untuk ini maka tiga sub tema Hari TB Sedunia 2022 kita nampaknya sejalan dengan penguatan upaya yang harus dilakukan, dan harus digiatkan mulai 24 Maret 2022 ini.

Sub-tema pertama adalah periksa TB sekarang demi masa depan lebih sehat, yang mencakup deteksi dini status TB dengan secara aktif memeriksakan diri apabila muncul gejala, serta masyarakat maupun tenaga kesehatan secara aktif melakukan pelaporan dan penemuan kasus apabila terdapat seseorang yang bergejala TB di lingkungan untuk dilakukan pemeriksaan atau investigasi kontak.

Sub-tema ke dua adalah cegah TB dengan pemberian terapi pencegahan TB. Untuk ini, pemberian Terapi Pencegahan TB (TPT) menjadi amat penting untuk dilakukan khususnya pada populasi risiko tinggi agar dapat memutus rantai penularan dan mencegah timbulnya kasus TB baru serta menjaga orang yang sehat tetap sehat. Akhirnya, sesuai sub-tema ke tiga maka marilah kita semua satukan tekad dan perkuat inovasi untuk eliminasi tuberkulosis dari bumi pertiwi tercinta.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More