Kecurangan Tes CPNS Viral, Anggota DPR Minta Diusut Tuntas

Selasa, 16 November 2021 - 21:27 WIB
"Saya juga memberikan koreksi dalam sistem untuk menghindari hal-hal seperti ini, harus dipastikan sistem IT (teknologi informasi) yang dimiliki benar-benar aman. Kita perlu melibatkan BSSN dari awal, kemudian KPK, Kepolisian, Kejaksaaan untuk bisa bersama-sama mengawal ini," katanya.

Kedua, Anwar mengusulkan sistem rekrutmen CPNS kedepan diperbaiki. Pertama, ada regulasi yang sifatnya afirmatif luar biasa dan biasa saja. Afirmatif luar biasa yang dimaksud adalah bagaimana memberikan kesempatan kepada para tenaga honorer yang sudah bekerja begitu lama, agar bisa ikut dalam proses ini dengan standar yang tidak boleh sama dengan rekrutmen regular.

"Saya juga mengusulkan dalam sistem penerimaan ini kita mencontoh penerimaan yang perguruan tinggi. Hampir kita tidak mendengar adanya percaloan. Sekalipun juga itu mungkin dilakukan, banyak yang tidak lulus,” katanya.

Anwar juga mencurigai kenapa praktik kecurangan ini hanya terjadi di wilayah Sulawesi saja sementara di wilayah lain tidak. "Apakah di tempat-tempat lain dijamin tidak ada praktik seperti ini? Ini butuh sebuah pansus atau panja untuk mengusut tuntas sehingga kita bisa memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa penerimnaan CPNS kedepan dapat dipercaya sehingga masyarakat masih ingin dan mau masuk dalam sistem penerimaan CPNS ini," katanya.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More