2 Sosok Pangdam di Pulau Kalimantan, Sama-sama Jebolan Kopassus

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:11 WIB
loading...
2 Sosok Pangdam di Pulau Kalimantan, Sama-sama Jebolan Kopassus
Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan dan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo. FOTO/DOK.TNI AD
A A A
JAKARTA - Terdapat dua Perwira Tinggi (Pati) TNI yang kini aktif menjabat sebagai Pangdam di Pulau Kalimantan. Keduanya sama-sama merupakan jebolan Akademi Militer (Akmil) dari kecabangan Infanteri ( Kopassus ).

Pangdam merupakan singkatan dari Panglima Komando Daerah Militer yang bertugas memimpin Kodam, komando utama pembinaan dan operasional kewilayahan TNI AD. Kodam merupakan unit strategis yang bertanggung jawab atas pembinaan kesiapan operasional seluruh komandonya serta melaksanakan operasi pertahanan aktif di wilayah darat sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. Seorang Pangdam berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen TNI) atau jenderal bintang 2.

Saat ini, tercatat ada 15 Pangdam yang aktif bertugas di wilayah Indonesia. Masing-masing dari mereka memimpin satu Komando Daerah Militer (Kodam). Beberapa di antaranya bertugas di Pulau Kalimantan. Siapa saja mereka?


Pangdam di Pulau Kalimantan

1. Mayjen TNI Iwan Setiawan

2 Sosok Pangdam di Pulau Kalimantan, Sama-sama Jebolan Kopassus

Mayjen TNI Iwan Setiawan saat dilantik menjadi Danjen Kopassus pada 2022. Iwan saat ini menjabat Pangdam XII/Tanjungpura. FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE JENDERAL TNI (PURN) ANDIKA PERKASA

Mayjen TNI Iwan Setiawan merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, ia aktif menjabat sebagai Panglima Kodam XII/Tanjungpura.

Melihat ke belakang, posisi Pangdam XII/Tanjungpura didapat Iwan pada April 2023. Waktu itu, ia menggantikan Mayjen Sulaiman Agusto.

Pada riwayatnya, Iwan Setiawan diketahui sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) 1992 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Sebelum menjadi Pangdam XII/Tanjungpura, tentara kelahiran Bandung ini sempat menjabat sebagai Danjen Kopassus (2022-2023).

Melihat sepak terjangnya, sederet jabatan strategis lain juga pernah diduduki Iwan Setiawan. Sebut saja seperti Danrem 052/Wijayakrama (2016-2018), Danrem 173/Praja Vira Braja (2020-2021) hingga Waaslat KSAD Bidang Kermamil (2021-2022).

Iwan Setiawan juga pernah ikut serta dalam Tim Ekspedisi Everest 97. Dilakukan untuk menyambut HUT ke-45 Kopassus, Iwan yang waktu itu masih berpangkat Lettu adalah salah satu dari tiga prajurit Kopassus yang berhasil menancapkan bendera Merah Putih di puncak Everest.

2. Mayjen TNI Tri Budi Utomo

2 Sosok Pangdam di Pulau Kalimantan, Sama-sama Jebolan Kopassus

FOTO/DOK.KODAM MULAWARMAN

Berikutnya ada nama Mayjen TNI Tri Budi Utomo. Ia merupakan Panglima Kodam VI/Mulawarman.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)
pixels