Indonesia Membutuhkan Generasi Muda yang Berideologi Pancasila dan Berjiwa Kesatria

Rabu, 02 Desember 2020 - 09:11 WIB
Ideologi Pancasila sendiri dirumuskan oleh Panitia Sembilan dan berdasar atas pidato Ir Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Ideologi Pancasila menjadi sangat penting bagi bangsa Indonesia karena Pancasila memiliki beberapa kedudukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Kedudukan itu seperti Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia, Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, Pancasila menjadi dasar negara, Pancasila sebagai sumber dari segala hukum yang ada di Indonesia, Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia ketika mendirikan negara, dan Pancasila sebagai cita-cita bangsa.

Kedudukan inilah yang menjadikan Pancasila menjadi sangat penting bagi bangsa Indonesia. Kedudukan ini juga dapat diartikan bahwasannya Pancasila merupakan suatu landasan bagi bangsa Indonesia dalam melaksanakan segala aspek yang menyangkut kehidupan berbangsa dan bernegara.

Saat ini banyak pimpinan politik yang bermanuver untuk mendapatkan keinginan kelompoknya tanpa memperhatikan dampak yang diperbuat. Dan yang seharusnya mereka memberikan contoh dalam pembelajaran politik yang baik ke generasi muda.

Dalam menjalankan roda organisasi politik memang banyak cara, sehingga perlu adanya strategi yang akhirnya apa yang diinginkan dapat tercapai. Untuk itu perlu adanya pendidikan yang tidak harus melalui pendidikan formal di kelas, tetapi pendidikan yang langsung di kehidupan dalam bermasyarakat.

Pendidikan berkarakter dan mindset yang berkesinambungan merupakan kunci. Pendidikan memajukan cara berpikir. Pendidikan membuka wawasan. Pendidikan meningkatkan kemampuan manusia untuk memahami dan menghargai perbedaan. Pendidikan karakter dan mindset tidak hanya hidup berdasarkan dogma yang bisa saja sudah tidak relevan, dan tidak sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan.

Pendidikan agama juga amat penting. Pendidikan agama semestinya membangun rasa kagum, kasih, haru, cinta, dan patuh pada Tuhan. Bukan membentuk sikap bermusuhan, rasa paling benar, rasa paling suci, dan bahkan sampai mendorong manusia untuk saling membunuh.

Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu eksak atau ilmu pengetahuan dan kompetensi, tapi harus di atas itu, menanamkan values dan membangun karakter dan mindset. Pengetahuan dan kompetensi akan terus berkembang sejalan dengan kondisi saat itu, tapi values dan mindset akan selalu relevan dengan segala zaman, dan akan menjadi pembeda yang sulit ditiru.

Pendidikan bagi generasi penerus adalah salah satu hal terpenting yang harus jadi perhatian bangsa. Bangsa-bangsa besar menaruh perhatian dan upaya yang begitu besar dan bersungguh-sungguh, untuk memastikan kualitas pendidikan. Karena mereka sadar, bahwa keberlangsungan, kemandirian, dan kesejahteraan bangsa di masa datang, ditentukan oleh kualitas manusianya dalam hal ini oleh generasi mudanya.

Untuk itu kita harus mampu membangun generasi muda kita yang lebih hebat dan pandai dari kita dan kepribadian yang berkarakter serta santun. Hanya dengan begitu, maka bangsa ini akan jadi bangsa yang besar dan berdampak positif bagi umat manusia.

Pendidikan Adalah Kunci Pengubah Bangsa
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More