Filsafat Konfusius, Tao, dan Strategi Sun Tzu: Ketenangan Strategis Xi Jinping dalam Menghadapi Taiwan

Jum'at, 21 Juni 2024 - 18:52 WIB
Banyak cerita serupa dalam sejarah. Jika membaca lebih banyak sejarah China, kita akan memahami mengapa Xi Jinping mengatakan kepada Ursula von der Leyen: "Amerika Serikat mencoba memancing China untuk menginvasi Taiwan, tetapi dia tidak akan terjebak," sebagai bentuk kekuatan ketenangan strategis.

Kekuatan ketenangan strategis adalah konsep khas China, salah satu manifestasinya adalah kehati-hatian dalam perang. Dalam "Da Xue": "Mengetahui kapan harus berhenti kemudian memiliki ketenangan, ketenangan kemudian mampu tenang, ketenangan kemudian bisa stabil, stabil kemudian bisa berpikir, berpikir kemudian bisa memperoleh." Pemimpin yang memiliki ketenangan mampu menghadapi perubahan tanpa panik, dan menghadapi bahaya tanpa takut.

Perbedaan antara China dan Amerika Serikat adalah karena pemikiran tradisional China menekankan kehati-hatian dalam perang, bukan menggunakan kekuatan militer sebagai alat diplomasi. Laozi menganjurkan kehati-hatian dalam perang (Bab 29): "Alam semesta adalah benda yang sakral, bukan sesuatu yang bisa dimanipulasi. Mereka yang mencoba akan gagal, mereka yang berpegang teguh akan kalah." Ini memperingatkan bahwa perang tidak boleh dilakukan sembarangan, mereka yang melakukannya akan gagal. Konsep Laozi tentang tidak berkompetisi, kehati-hatian dalam perang, dan tidak berperang, mencerminkan kebijaksanaan khas China.

Sunzi juga sangat menekankan pemikiran kehati-hatian dalam perang: "Negara yang telah hancur tidak bisa dipulihkan, orang yang telah mati tidak bisa hidup kembali. Oleh karena itu, raja yang bijak berhati-hati, jenderal yang bijak selalu waspada." Dia tidak menyembah kekuatan militer, juga tidak mempercayai penggunaan kekuatan militer bisa mengalahkan segalanya.

Pemikiran kehati-hatian dalam perang selalu menjadi pandangan dasar orang China tentang perang, dan tetap demikian hingga sekarang. Tidak berkompetisi, berhati hati mengambil Keputusan tentang perang, dan tidak berperang bukan berarti tidak menggunakan kekuatan militer, seperti yang telah disebutkan, penggunaan kekuatan militer hanya dalam "sekejap mata."

Jika ingin dijelaskan secara sederhana sebagai "perang pertama adalah perang terakhir" juga bisa; jika perang penyatuan tidak bisa memenangkan hati rakyat Taiwan, dan menyebabkan masalah dalam pemerintahan di masa depan, lebih baik menundukkan kepala atau mengalah dulu!

Dalam masalah Taiwan, Taiwan adalah pion dan kaki tangan Amerika Serikat, tentara Amerika tidak akan berkorban untuk Taiwan, ini adalah penilaian penulis dari berbagai sisi. Sebaliknya, Xi Jinping mempertimbangkan tidak hanya tentang perang, tetapi juga psikologis rakyat dan pemerintahan pascaperang, yang tidak bisa diselesaikan dengan penggunaan kekuatan militer semata.

Harus Merebut Hati Rakyat Taiwan

Diplomasi Amerika adalah alat yang melayani kepentingan nasional, atau sesuai dengan teori realisme dalam hubungan internasional, bahwa semua kepentingan itu untuk negara. Diplomasi Amerika tidak pernah bisa menjadi sarana integrasi damai, melainkan merupakan manifestasi kekerasan.

Oleh karena itu, diplomasi bukan hanya sebuah pernyataan, tetapi juga merupakan pertunjukan ribuan peluru berdarah, sekaligus mengacu pada persaingan politik antara Amerika Serikat dan China. Melalui proses persaingan ini, Amerika Serikat menekan China dengan kekuatan militer untuk "menundukkan kepala," inilah diplomasi Amerika.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More