KPU klaim rampungkan rekap sebelum 'ayam berkokok'

Jum'at, 25 April 2014 - 19:06 WIB
KPU klaim rampungkan rekap sebelum ayam berkokok
KPU klaim rampungkan rekap sebelum 'ayam berkokok'
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklaim, segera rampungkan rekapitulasi penghitungan suara pemilu legislatif (pileg) di luar negeri.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Husni Kamil Manik. Menurutnya, hingga kini KPU telah rekapitulasi perolehan suara di 86 dari 130 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).‬

"Harus sudah selesai sebelum ayam berkokok," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik, dalam sidang rekapitulasi di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (25/4/2014).

Menurut Husni, ada yang berbeda dari penghitungan pemilihan luar negeri pada Pemilu 2014 ini. Katanya, jika pada Pemilu 2009, penghitungan langsung dilakukan Kelompok Kerja (Pokja) Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), maka sekarang KPU diharuskan untuk menghitung suara.

"2009 dilakukan pokja PPLN. Dan sekarang oleh KPU. Artinya jauh lebih terbuka kali ini," ujarnya.

Selain itu, Husni menegaskan penghitungan suara pemilihan luar negeri dilakukan lebih cepat dari pemilu sebelumnya. Kata mantan Ketua KPU Sumatera Barat ini, jika sampai pagi penghitungan belum selesai, maka penghitungan tetap dilanjutkan.

Pasalnya, besok pagi waktu rekapitulasi penghitungan suara nasional juga mulai dilakukan. "Belum tentu tidak selesai (penghitungan). Nanti baru dibicarakan bagaimana strateginya," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6216 seconds (0.1#10.140)